Pemerintah Umumkan Dua Pasien Positif Corona Sembuh

Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona Achmad Yurianto
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/pras

VIVA – Pemerintah mengumumkan bahwa dua pasien Corona Covid-19 sudah dikatakan kini negatif atau sembuh. Dua pasien itu salah satunya adalah kru kapal Diamond Princess.

"Ada beberapa hal membahagiakan. Kasus 06 ini sudah masuk hari kelima. Pemeriksaannya sudah negatif," kata Juru Bicara pemerintah dalam hal penanganan Corona Achmad Yurianto di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa 10 Maret 2020.

Yurianto menjelaskan, setelah dinyatakan negatif, kedua pasien negatif itu akan masih mengikuti pemeriksaan lanjutan. Hal ini dilakukan untuk memastikan virus itu benar-benar bersih dari tubuh manusia.

"Masih menunggu pemeriksaan negatif kedua di dua hari yang akan datang. Setelah negatif, pertama dua hari kemudian kalau negatif juga akan kita keluarkan dari rumah sakit," ujarnya.

Untuk pasien kedua yang sembuh itu. Yurianto tak menjelaskan asal dan identitas. Hanya kemudian dia menjelaskan, sang pasien sembuh ini tertular dari sumber virus sebelumnya atau disebut pasien subcluster.

Selanjtnya kata Yurianto, bagi pasien yang sudah sembuh akan menjalani perawatan diri secara intensif dan akan diawasi oleh Dinas Kesehatan daerah. Jika ada keluhan seperti batuk, demam atau pun flu, pasien diminta segera melapor lagi agar bisa cepat diperiksa.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Kita sudah mulai mengedukasi bersangkutan, self isolate. Dia menahan diri tidak kontak dengan siapa pun. Sementara," kata dia

"Boleh (kontak) tapi ditahan. Artinya dia menggunakan masker setidak-tidaknya dua meteran," lanjut Achmad Yurianto.

Anggota DPR RI fraksi PDI Perjuangan, Ihsan Yunus di KPK

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pemeriksaan terhadap Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Ihsan Yunus terkait kasus dugaan korupsi Alat Pelindung Diri (APD)

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024