Pendaftaran Mudik Gratis oleh 107 BUMN Dibuka, Begini Caranya

Ilustrasi mudik lebaran
Sumber :
  • VIVA/Edwin Firdaus

VIVA – Pendaftaran mudik gratis untuk Idul Fitri 2020 telah dibuka. Mudik gratis yang diselenggarakan oleh 107 Badan Usaha Milik Negara ini akan digelar pada Mei nanti. 

Kepemimpinan Perempuan di BUMN dan Cara BKI Lanjutkan Semangat Kartini

Sebagai pimpinan program pada 2020, Direktur Utama Jasa Raharja, Budi Raharjo, menargetkan akan ada 275.000 orang yang ikut dalam program mudik gratis tahun ini. Target itu meningkat 10 persen dibanding tahun lalu, yaitu 250.000 orang.

"Pada tahun 2020, target pemudik yang akan diberangkatkan sejumlah 275.000 orang," ujar Budi dikutip dari VIVAnews, Selasa, 10 Maret 2020.

Kembangkan Produk Urea dan Amonia, Pupuk Indonesia Gandeng BUMN Brunei BFI

Cara mendaftarnya

Budi menyampaikan, pendaftaran mudik terbuka untuk masyarakat di 83 kota keberangkatan di seluruh Indonesia. Masyarakat diminta membuka portal mudik gratis di mudikbumn.co.id

Ini Penyebab Aset PLN Nusantara Power Melesat Jadi Rp 350 Triliun

Lalu memilih di antara 109 kota tujuan. Peserta juga diminta memilih moda transportasi yang ingin digunakan, yaitu bus, kapal laut, kereta api, atau pesawat udara.

"Simbolis pemberangkatannya sendiri akan dilakukan pada 19 Mei 2020 atau H-6 Idul Fitri melalui 'flag off' moda bus di GBK, Jakarta," ujar Budi.

Budi juga mengemukakan, mudik gratis BUMN yang sudah diselenggarakan di tahun kelima memiliki tujuan supaya masyarakat bisa tiba di kampung halamannya dengan aman, nyaman, serta mudah.

BUMN-BUMN juga ingin menunjukkan citra sebagai perusahaan-perusahaan yang memiliki tanggung jawab sosial, sambil turut dalam upaya menekan kecelakaan lalu lintas akibat mudik, serta membantu mendorong pergerakan ekonomi di daerah dengan kedatangan para pemudik.

"Program mudik gratis merupakan perwujudan peran BUMN sebagai agent of development, dilandasi semangat kolaborasi yang bernilai sosial tinggi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat guna merayakan Lebaran di kampung halaman," ujar Budi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya