Penampakan Keris Kiai Nogo Siluman Milik Diponegoro di Foto Doktor UI

Dua Keris Nogo Siluman versi Fadli Zon.
Sumber :
  • Fadli Zon

VIVA – Ketua Umum Sekretariat Nasional Perkerisan Indonesia (SNKI) Fadli Zon meragukan identitas keris pusaka peninggalan Pangeran Diponegoro yang diserahkan Raja Belanda, Willem Alexander dan Ratu Maximakepada Presiden Joko Widodo, adalah Keris Kiai Nogo Siluman

Bertemu Erick Thohir, Sujiwo Tejo Ungkap Pentingnya Memperbanyak Dialog

Malahan Fadli sangat yakin, keris itu merupakan Keris Kiai Nogo Rojo. Salah satu dari beberapa keris yang dimiliki Pangeran Diponegoro.

Menurut pria bergelar Doktor di Program Studi Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia itu, ada beberapa perbedaan pada keris yang diserahkan ke Jokowi dengan Keris Kiai Nogo Siluman yang sebenarnya.

Tak Diduga! 5 Senjata Tradisional Indonesia Ini Mendunia

"Keris yang dibawa kembali itu dhapurnya bukan Nogo Siluman. Dari dhapurnya Nogo Rojo tangguh era Mataram Sultan Agung. Ada 3 keris Diponegoro, kemungkinan yang 2 Nogo Siluman masih di Volkenkunde Museum. Saya pernah lihat Nogo Siluman lurus dan luk yang dibuat pada era sebelum PB III," tulis kolektor benda-benda pusaka itu.

Keris Pangeran Diponegoro, Kiai Nogo Siluman.

6 Prajurit TNI jadi Tersangka Penganiayaan Relawan Ganjar-Mahfud di Boyolali

Foto: Keris Kiai Nogo Siluman versi Fadli Zon.

Fadli menjelaskan, dia mengetahui perbedaan Keris Kiai Nogo Siluman dan Keris Kiai Nogo Rojo karena memang pernah melakukan penelitian langsung ke Belanda bersama SNKI dan sejumlah peneliti di bidangnya.

Namun, jika memang hasil amatannya dalam mengenali identitas keris-keris itu tak tepat. Fadli mengajak pihak terkait untuk melakukan penelitian juga dengan melibatkan ahli-ahli dari berbagai bidang terkait benda pusaka.

"Untuk itu perlu peneliti yang ahli dan tepat dikirim ke sana, yang  mengerti keris baik dari sisi wilah, warangka, sejarah untuk meneliti dhapur, pamor, tangguh, grenengan, sekarkacang, jenis besi dan meneliti mpu pembuatnya jika memungkinkan," tulis dia.

Keris Pangeran Diponegoro, Kiai Nogo Siluman.

Foto: Keris Pangeran Diponegoro yang diserahkan Belanda

Fadli mengungkapkan bahwa Pangeran Diponegoro itu memiliki 3 pucuk keris pusaka. Dua keris adalah Kiai Nogo Siluman dan satu Keris Kiai Nogo Rojo. Dan lagi-lagi dia sangat yakin bahwa Keris Kiai Nogo Siluman yang sangat legendaris itu belum pulang ke Nusantara masih berada di Belanda.

Bahkan Fadli juga menyiarkan foto dua keris yang disebutnya sebagai sosok Keris Kiai Nogo Siluman. Dari bentuknya memang beda dengan yang diserahkan ke Indonesia.

Keris Kiai Nogo Siluman yang tergambar di foto Fadli terlihat penampakan keris berwarna hitam. Yang satu ber-luk yang satu lagi lurus. Tangguh HB Sepuh

"Keris Diponegoro ada 3 buah, ada di ruang yang sama di Museum Volkenkunde. Yang dibawa ini Nogo Rojo. Dua keris Diponegoro dhapur Nogo Siluman yang legendaris belum terbawa. Ya mungkin next time ya," tulis dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya