Pemprov DKI Jakarta Sebut Sebaran Corona di Permukiman Menengah

Ilustrasi virus corona/COVID-19.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta  menyebut gejala-gejala dari virus corona di Jakarta, saat ini lebih banyak ditemukan di kawasan permukiman yang tidak kumuh atau lingkungan yang justru baik di ibu kota.

Turun Gunung Atasi Kebakaran Gudang Amunisi Kodam Jaya, Ini Kecanggihan Robot Damkar DKI

Menurut Deputi Gubernur DKI Bidang Pengendalian Kependudukan dan Permukiman Suharti, hal itu, diketahui dari peta sebaran yang dibuat Pemprov untuk memitigasi virus.

"Kami temukan bahwa untuk saat ini, mudah mudahan tidak terjadi sebaliknya, bahwa (gejala corona) masih banyak terjadi di permukiman yang bukan permukiman kumuh," kata Suharti di Balairung Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis, 12 Maret 2020 dilansir dari VIVAnews.

Pemprov DKI Ungkap Penyebab 771 Orang Tak Layak Terima KJMU

Menurut dia, peta sebaran sendiri, dirancang dari data orang-orang yang terdeteksi pernah melakukan kontak dengan orang yang positif corona, lalu mengalami gejala terjangkiti virus. Gejala itu di antaranya batuk yang parah, pilek, sakit tenggorokan, juga nyeri badan.

"Pemda melakukan tentunya, menggunakan data-data yang kami punya untuk dilakukan modelling, simulasi, untuk memitigasi lebih lanjut," kata Suharti.

Anies soal KJMU Dicabut Sepihak Pemprov DKI: Pemberian Beasiswa Harus Sampai Tuntas Kuliah

Ia mengemukakan, dari fakta itu, upaya mitigasi yang dilakukan Pemprov, yaitu mencegah sebaran corona ke wilayah-wilayah kumuh atau padat. Angka fatalitas corona diperkirakan akan melonjak tajam jika virus menular di permukiman kumuh.

"Akan lebih bahaya kalau (corona) masuk ke wilayah padat penduduk. Karena di sana, sirkulasi udara yang tidak bagus, penduduk yang dalam kondisi rumah yang tidak baik, tidak punya fasilitas di rumah untuk melakukan karantina mandiri, dan sebagainya," tuturnya.

Jalur Car Free Day di Jalan Sudirman dekat Bundaran HI

Pemprov DKI Tiadakan CFD Besok karena Masih Cuti Lebaran

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meniadakan Car Free Day (CFD) karena masih dalam momen cuti bersama lebaran idul fitri 1445 hijriah

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024