Ikut JK, Soemarsono Jadi Pengurus PMI

VIVAnews - Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla secara resmi telah menjabat sebagai Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), setelah serah terima kepengurusan dan pelantikan pengurus baru PMI periode 2009 - 2014 di Markas Pusat PMI, Jakarta, Selasa, 12 Januari 2009. Sejumlah orang dekat Kalla pun masuk dalam kepengurusan PMI, diantaranya mantan Sekretaris Jenderal Partai Golkar Soemarsono.

Namun Kalla mengatakan sejumlah pengurus yang mendampinginya dipilih berdasarkan kompetensi dan pengalamannya dalam bidang kemanusiaan dan penanganan bencana.

"Soemarsono bukan karena Sekjen Golkar. Tapi sebagai mantan KSAD (Kepala Staf Angkatan Darat), jadi berpengalaman menangani bencana," kata Kalla sebelum pelantikan.

Sedangkan Soemarsono menjelaskan, keterlibatannya di PMI merupakan pengabdian dia di bidang kemanusiaan. "Penanaman modal akhirat," ungkap Soemarsono.

Dalam kepengurusan PMI periode 2009 - 2014, Kalla menjadi Ketua Umum didampingi mantan Menteri Sosial Bachtiar Chamsjah. Sedangkan Sekjen PMI dipegang oleh Budi Atmadi Adiputro.

"Pak Bachtiar berpengalaman tentunya sebagai mantan Menteri Sosial. Sedangkan Budi berpengalaman dengan saya di Bakornas (Badan Koordinasi Nasional)," tutur Kalla.

Di kepengurusan PMI kali ini, Kalla juga ditemani Farid Husain. Bersama dengan Kalla, Farid merupakan negosiator yang menjadi perumus perdamaian Aceh beberapa tahun silam.

Nama lain yang masuk kepengurusan PMI di bawah kepemimpinan Kalla antara lain Rachmat Gobel, Suryani Sidik Motik, Biantoro Wanandi, Ritola Tasmaya, Lily Kasoem, dan Muhammad Muas.

Sedangkan Ketua Umum PMI sebelumnya, Mar'ie Muhammad dalam kepengurusan Kalla akan menjadi Dewan Kepengurusan bersama dengan Haryono Suyono.

Nasdem dan PKS Diskusi Ikut Koalisi atau Oposisi, Surya Paloh: Masih Dikaji, Belum Final
Ketua KPU Depok, Willi Sumarlin

Pendaftaran Petugas PPK Dimulai, KPU Depok Akan Rekrut 55 Orang

PPK akan bekerja selama delapan bulan.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024