Anies Baswedan Larang Warga Pulang Kampung dan Tunda Resepsi Nikah

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar GM

VIVA – Wabah virus corona yang semakin meluas di DKI Jakarta membuat Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan tanggap melakukan tindakan preventif. Bukan cuma menutup sekolah dan menunda ujian hingga meniadakan kegiatan les di luar rumah, Anies Baswedan juga mengimbau agar warga DKI Jakarta tidak melakukan perjalanan ke luar kota dan juga pulang kampung.

Cak Imin: Tidak Ada Niat Mas Anies Maju Pilkada

Lewat akun Instagram miliknya, Anies Baswedan juga mengumumkan kepada warga DKI Jakarta untuk melakukan Social Distancing. Lewat akun Instagram miliknya, dia merekam suara dan membagikannya pada para followernya di Instagram.

Tak cuma itu, dia juga menuliskan caption panjang untuk warga Jakarta untuk mengurangi kontak fisik dengan orang lain. "Social Distancing. Pencegahan penularan COVID-19 tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah saja, seluruh warga harus bekerja bersama, ikut ambil tanggung jawab," tulisnya.

Ogah Usung Anies di Pilgub Jakarta, Gerindra: Kita Punya Jagoan Lebih Muda dan Fresh

"Tunda kegiatan jika tidak urgen maka tunda saja, misalnya arisan, rapat-rapat, majelis taklim, tunda dulu. Tunda kegiatan yang dilakukan bersama-sama sampai kondisi membaik."

Di tengah wabah virus corona COVID-19, Anies juga merasa khawatir jika virus ini menular di acara resepsi pernikahan. Untuk itu, Anies juga meminta warga DKI Jakarta untuk menunda acara resepsi pernikahan jika memungkiankan. Jika harus dilakukan harus ada izin dan harus dilengkapi dengan petugas pengecek kesehatan. Para tamu harus di cek kondisi kesehatannya dan jika ada tamu yang menderita sakit harus dipisahkan dari tamu lain. Dan di acara tersebut juga wajib disediakan hand sanitizer. "Jangan ada salam-salaman."

Anies Baswedan pun menjelaskan, penularan COVID-19 terjadi karena interaksi orang ke orang, karena itu semua orang semua harus melakukan Social Distancing Measure pada hari-hari ke depan.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Menjaga jarak antar warga kata Anies bisa dilakukan dengan mengurangi perjumpaan, menghindari kontak fisik, menjauhi tempat-tempat berkumpulnya orang banyak dan jangan bepergian ke luar kota atau pulang kampung.

"Selamatkan diri sendiri, selamatkan keluarga maka Anda juga akan menyelamatkan orang banyak. Jika mengalami gejala COVID-19 hubungi hotline #JakartaTanggapCorona di 112 / 0813 8837 6955 atau kunjungi corona.jakarta.go.id, jika memiliki pertanyaan seputar COVID-19.," tulis ANies Baswedan di akun Instagram miliknya.

Pasangan capres cawapres nomor urut 01, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

Klaim Sudah Ajukan Fakta dan Logika, Cak Imin Pasrah Apapun Putusan MK

Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengaku pasrah dengan putusan sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) atau sengketa Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
21 April 2024