Menguak Jejak Menteri Perhubungan Sebelum Positif Corona

Pak Budi.
Sumber :
  • IG Pak Budi

VIVA – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menjadi pejabat pertama Indonesia yang positif terjangkit Virus Corona atau COVID-19. Dia kini sudah mendapatkan perawatan dan isolasi di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Jakarta.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Apa yang dialami Pak Budi ini sungguh membuat Indonesia terkejut. Apalagi pemerintah baru saja menetapkan status bencana nasional corona di tanah  air.

Pak Budi menjadi pasien positif corona dengan nomor kasus 076. Sementara saat ini total penderita corona di RI telah mencapai 96 orang.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Hingga saat ini belum ada yang mengetahui bagaimana Pak Budi bisa terinfeksi virus yang telah membunuh lebih dari 5000 orang di dunia itu. VIVA.co.id, Minggu 15 Maret 2020 akan mengungkap perjalanan aktivitas Pak Budi dalam beberapa hari yang disiarkan Pak Budi akun media sosialnya. Dimulai dari dua hari lalu.

Pada Jumat 13 Maret 2020 atau sehari sebelum dinyatakan positif corona, Pak Budi melakukan kunjungan dinas ke salah satu bandara di wilayah kerja Angkasa Pura II. Di tempat ini Pak Budi memeriksa kesiapan pihak bandara dalam mengantisipasi sebaran virus corona.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Ketika itu Pak Budi memantau langsung proses desinfektan dan pengaktifan thermal scanner. Dalam foto yang diunggahnya, Pak Budi masih terlihat sehat-sehat saja.

Pada Kamis 14 Maret 2020, Pak Budi bertemu dengan Menteri Infrastruktur dan Manajemen Air Belanda, Mrs. Cora Van Nieuwenhuize. Pertemuan dilakukan di Indonesia.

Dalam pertemuan itu Pak Budi membahas peluang kerja sama di sektor transportasi. Mereka juga menandatangani Joint Statement (Pernyataan Bersama). Mereka juga sepakat untuk meningkatkan kerja sama di bidang transportasi, serta pengembangan kapasitas dan kapabilitas sumber daya manusia perhubungan. Saat itu kondisi Pak Budi juga terlihat masih oke-oke saja.

Pada Rabu 13 Maret 2020, Pak Budi melakukan kunjungan kerja ke Pelabuhan Bitung. Sama seperti di bandara, di terminal penumpang ini Pak Budi juga meninjau kesiapan pihak Pelindo dalam mengantisipasi masuknya wabah corona.

Dan kondisi kesehatan Pak Budi kala itu tak terlihat ada gangguan, dia berjalan cukup tegap di antara petugas pelabuhan.

Nah yang paling disoroti di dunia maya ialah, foto Pak Budi di Istana ketika mengikuti rapat terbatas dengan kabinet dan Presiden Joko Widodo. Dia kala itu terlihat duduk bersebelahan dengan Panglima TNI, Jenderal Hadi Tjahjanto dan  Menteri Agraria dan Tata Ruang, Sofyan Djalil.

Baca: Video Detik-detik Tsunami Menerjang Brasil

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya