Wabah Corona di Indonesia, Ini Pesan Ustaz Abdul Somad

Ustaz Abdul Somad (UAS) Kunjungi MUI
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Ustaz Abdul Somad (UAS) memberikan tips untuk masyarakat Indonesia, khususnya umat Islam untuk mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19.

Anak Lajang Sudah Bekerja, Wajibkah Bayar Zakat Fitrah Sendiri? Ini Kata UAS dan Buya Yahya!

Sebab, wabah tersebut telah menelan lima orang yang meninggal dunia, 134 orang terinfeksi, 121 pasien terinfeksi masih dirawat dan delapan orang sembuh.

Menurut UAS, segala musibah yang terjadi di muka bumi ini maupun yang menimpa kepada diri sendiri manusia. Kata dia, itu semuanya sudah tertulis di Lauh Mahfuz.

Timnas Amin: Ustaz Abdul Somad Bukan Jurkam, Beliau Tetap Ulama

"Sebelum diwujudkan Allah SWT dalam bentuk nyata, itu sudah ada dalam perencanaan Allah SWT," kata UAS lewat instagram yang dikutip pada Selasa, 17 Maret 2020.

Oleh sebab itu, UAS mengatakan apabila terjadi sesuatu seperti gempa bumi, bencana, musibah termasuk wabah penyakit. Maka, manusia harus tetap ada langkah antisipasi atau ikhtiar.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

"Itulah golongan ahlu sunnah wal jama'ah," ujarnya.

Untuk itu, UAS mengingatkan kepada masyarakat senantiasa menjaga kesucian dan kebersihan tangan. Menurut dia, setiap bangun tidur biasakan cuci tangan. Sementara, bagi umat Islam sering-sering cuci tangan dengan berwudhu.

"Sholat subuh, wudhu cuci tangan. Sholat Dhuha cuci tangan, Sholat Zuhur cuci tangan, Sholat Ashar cuci tangan, Sholat Magrib cuci tangan, Sholat Isya cuci tangan, Sholat Tahajjud cuci tangan. Tangan kita bersih dan steril," jelas dia.

Kemudian, UAS mengatakan kuman itu masuk dari dua jalur yaitu lubang hidung dan lubang mulut. Makanya, perlu dijaga juga kebersihan lubang hidung dan lubang mulut tersebut.

"Hidung juga bersih, masukkan air biar bersih (wudhu) walaupun sunnah tidak wajib. Kemudian, kumur-kumur dan gosok gigi agar mulut bersih. Lalu berserah diri kepada Allah SWT," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya