Logo BBC

Pengalaman Pasien 03 COVID-19, Sejak Awal Yakin Akan sembuh

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

"Saya yakin saya akan sembuh." Demikian reaksi Ratri Anindya, pasien ketiga virus corona di Indonesia, yang diceritakan kepada BBC News Indonesia, ketika diberi tahu dokter bahwa ia positif terjangkit virus corona.

Ia dan sang ibu tertular dari adiknya (pasien pertama) serta dirawat di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta.

Awal Maret 2020, untuk pertama kali Indonesia mengonfirmasi warganya terjangkit virus corona.

"Dicek dan tadi pagi saya mendapatkan laporan dari Pak Menkes bahwa ibu ini dan putrinya positif corona," demikian jumpa pers Presiden Jokowi pada Senin (02/03) di Istana Merdeka, Jakarta.

Tak berapa lama, kakak dari pasien satu dan pasien dan dua ini dinyatakan terjangkit virus corona juga dan harus dirawat.

Sekitar dua pekan mereka dirawat di salah satu rumah sakit rujukan virus corona, RSPI Sulianti Saroso, Jakarta, lalu mereka dinyatakan sembuh. Pada Senin (16/03) mereka pun diperbolehkan pulang dari rumah sakit.

Kepada Silvano Hajid, wartawan BBC News Indonesia, Ratri Anindya menceritakan pengalamannya dan keluarga, yang disebutnya sebagai `pengalaman luar biasa`, dari mulai dinyatakan positif corona hingga akhirnya dinyatakan sembuh dan boleh pulang. Berikut petikan wawancaranya.

Apa yang membuat Ratri mau berbagi dengan masyarakat?

Ini kan statusnya wabah nasional dan dunia, terus ini juga hal baru untuk semuanya serta jadi pengalaman untuk kita sekeluarga. Belum pernah kan alami kayak gini. Saya tahu karena ini virus baru dan masih dipelajari jadi menciptakan banyak kepanikan dan kebingungan di masyarakat.

Karena saya mengalami langsung jadi kalau kita bisa berbagi informasi untuk mengurangi kepanikan masyarakat Indonesia saya mau berbagi.

Kondisi hari ini bagaimana? (wawancara dilakukan pada 13 Maret 2020, saat Ratri sudah dinyatakan sembuh dan akan diperbolehkan pulang-red)