Ganjar Pranowo Cerita Ibu Jokowi Sering 'Menyamar' Menjadi Warga Biasa

Ibunda Joko Widodo, Sujiatmi Notomiatdjo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

VIVA – Sepeninggal Sujiatmi Notomihardjo, yang merupakan ibunda dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menceritakan kesan-kesannya selama mengenal beliau.

KPU Sebut Gugatan Ganjar-Mahfud yang Singgung Jokowi Salah Sasaran

Melalui tayangan Breaking News di tvOne, Ganjar bercerita kalau Ibu Sujiatmi, dikenal sebagai sosok yang sangat sederhana.

"Bu Noto ini orangnya sederhana sekali, bahkan dalam beberapa kali saya bertemu di pengajian, di kegiatan kemasyarakatan, seringkali saya sendiri saja tidak tahu kalau ada bu Noto," ujarnya melalui sambungan telepon, Rabu 25 Maret 2020.

CEO Freeport Temui Jokowi di Istana, Bahas Smelter hingga Perpanjangan Izin Tambang

Lebih lanjut gubernur itu bercerita, meski putranya seorang Presiden, Sujiatmi seringkali hadir layaknya warga biasa. Dan beliau, cukup aktif di kegiatan kemasyarakatan.

Baca juga: Sebelum Meninggal, Ibunda Presiden Jokowi Beberapa Kali Berobat

100 Kilometer Jalan di Jateng Rusak karena Banjir, Perbaikan Dikebut hingga H-7 Lebaran

"Karena seringkali Bu Noto hadir sebagai warga dengan sangat sederhana. Duduk di pojok, kadang-kadang di samping dan beliau cukup aktif di masyarakat. Meski putra beliau adalah seorang presiden, namun beliau hampir-hampir tidak meninggalkan perilaku sosial lamanya sebagai warga biasa, ini yang menyejukkan," lanjut dia.

Meski menjadi ibunda dari seorang presiden, masyarakat bisa mengobrol dengan Ibu Sujiatmi. "Dalam arti masyarakat bisa mengobrol dengan damai, dengan enak, sosok yang sangat keibuan, mengayomi, dan sangat merakyat," kata dia.

Semasa hidup, Sujiatmi Notomihardjo, sering mengikuti kegiatan sosial, keagamaan, dan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat banyak.

Ibunda Presiden Jokowi, Sujiatmi Notomihardjo, menghembuskan napas terakhir di Rumah Sakit DKT Solo, Slamet Riyadi, Rabu 25 Maret 2020, pukul 16.45 WIB. Beliau meninggal pada usia 77 tahun. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya