30 Maret 2020, Pulau Galang dan Sebaru Siap Tampung Pasien Corona

Pulau Galang.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Dua pulau yang dipersiapkan untuk menampung pasien terinfeksi corona mulai beroperasi akhir bulan ini. Dua pulau wilayah itu adalah Pulau Sebaru Kecil, yang berada di Kepulauan Seribu Jakarta dan Pulau Galang di Batam.

"Indonesia memiliki 2 fasilitas observasi skala besar, yaitu di Pulau Sebaru Kecil dan Pulau Galang yang siap beroperasi mulai Senin (30 Maret 2020)," kata Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman, Kamis 26 Maret 2020.

Fadjroel mengatakan, pemerintah terus mengimbau agar masyarakat menerapkan betul-betul social distancing atau physical distancing (jarak aman) untuk mengurangi rantai penularan. Dia juga mengatakan, pemerintah sudah melaksanakan rapid test dan mendistribusikan alat pelindung diri bagi tenaga medis.

"Masyarakat secara langsung berpartisipasi mencegah kemungkinan penularan. Solidaritas dan modal sosial menjadi penting untuk bersama-sama melawan COVID-19," ujarnya.

Juru Bicara Khusus Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto, mengatakan kasus positif virus corona, hingga Kamis, 26 Maret 2020 pukul 12.00 WIB ada penambahan 103 kasus baru.

Sehingga total kasus pasien positif corona sebanyak 893 orang. Sebaran kasus yang banyak ada di DKI Jakarta dan Sulawesi Selatan.

"Update dari tanggal 25 Maret pukul 12.00 hingga 26 Maret pukul 12.00, kasus baru 103 orang. Total kasus kumulatif hari ini 893 orang," ujar Yurianto, dalam konferensi pers di YouTube BNPB, Kamis, 26 Maret 2020.

Yurianto menjelaskan, untuk pasien yang dinyatakan sembuh ada 4 kasus, sehingga total 35 orang telah sembuh hingga hari ini. Kemudian, untuk meninggal dunia bertambah 20 orang sehingga total 78 orang meninggal dunia.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya
PM Singapura Lee Hsien Loong

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Singapore Prime Minister Lee Hsien Loong said Monday that he will step down on May 15 after two decades on duty and hand power to his deputy Lawrence Wong.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024