Usai Makamkan Ibu, Presiden Jokowi Rapat Virtual dengan Pemimpin G20

Presiden Joko Widodo ikuti KTT Virtual G-20.
Sumber :
  • Sekretaris Kabinet

VIVA – Presiden Jokowi mengajak para pemimpin negara G20 untuk bersama-sama memenangkan dua ‘peperangan’ yaitu melawan COVID-19 dan melawan pelemahan ekonomi dunia. Hal itu disampaikan saat berbicara pada forum KTT Luar Biasa G20 yang digelar secara virtual dari Istana Bogor, Kamis malam, 26 Maret 2020.

Budi Gunadi Klaim Berhasil Jadi Menkes Karena Jokowi Tidak Pernah Masuk Rumah Sakit

“Pertama, kita harus kuatkan kerja sama melawan COVID-19,” kata Jokowi di depan para pemimpin G20 berdasarkan keterangan tertulis dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden.

Seperti diketahui agenda kenegaraan diikuti Jokowi di saat situasi duka usai memakamkan sang ibunda Sudjiatmi Notomihardjo, hari ini.

Jokowi Akui 90 Persen Bahan Produksi Farmasi Masih Impor

Jokowi juga mendorong negara anggota yang tergabung dalam forum untuk bekerja sama dan mensinkronkan kebijakan, serta instrumen ekonomi untuk melawan keterpurukan ekonomi sebagai dampak dari COVID-19. 

“Kita harus mencegah resesi ekonomi global, melalui kebijakan fiskal dan moneter yang terkoordinasi, serta memperluas dan memperkuat jaring pengaman sosial terutama bagi UMKM,” ujarnya. 

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Lebih lanjut, Kepala Negara juga mendorong pentingnya stabilitas sektor keuangan, termasuk menjaga ketersediaan likuiditas. Tak kalah penting, kata dia, negara memberikan dukungan bagi dunia usaha yang terpukul akibat pandemi virus.

Jokowi juga menekankan, negara-negara di dunia mencegah distrupsi produksi terutama untuk bahan pangan dan alat kesehatan. 

“Dengan gejolak keuangan global yang tinggi, dukungan foreign exchange sangat penting. Saya juga mendukung peningkatan peran global dan regional jaring pengaman finansial termasuk melalui SDR swap line dan currency swap facility, seperti Chiang Mai Initiative,” kata Presiden.

Pada pertemuan tersebut Presiden Jokowi berdiskusi secara virtual dengan para pemimpin negara anggota G20, dan organisasi internasional terkait di antaranya PBB, WHO, Bank Dunia dan IMF. 

Para Kepala Negara/Kepala Pemerintahan yang mengikuti KTT Luar Biasa G20 ini adalah Presiden Joko Widodo, Presiden Argentina Alberto Fernández, Perdana Menteri (PM) Australia Scott Morrison, Presiden Brazil Jair Bolsonaro, PM Kanada Justin Trudeau, Presiden Republik Rakyat Tiongkok Xi Jinping, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Kanselir Jerman Angela Merkel, Perdana Menteri India Narendra Modi, PM Italia Giuseppe Conte, PM Jepang Shinz? Abe, Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador, Presiden Rusia Vladimir Putin, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud, Presiden Afrika Selatan
Cyril Ramaphosa, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, Presiden Turki Recep Tayyip Erdo?an, PM Inggris Boris Johnson, Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Presiden Uni Eropa Charles Michel.

Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam mengikuti KTT ini, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya