Gempa Bumi Guncang Wajo Sulawesi Selatan

Peta lokasi gempa Wajo
Sumber :
  • BMKG

VIVA – Gempa bumi mengguncang Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, gempa tidak berpotensi tsunami. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika menyebutkan kekuatan gempa 4,9 Skala Richter.

Cuaca Ekstrem Diprediksi Terjadi Selama Mudik Lebaran 2024, BMKG Minta Warga Waspada

BMKG dalam siaran resminya menyatakan gempa di Wajo, Sulsel terjadi pukul 05:58:58 WITA, Jumat 27 Maret 2020.

Lokasi gempa berada pada titik koordinat 4.09 LS dan 120.13 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 9 Km Baratdaya Wajo, Sulawesi Selatan pada kedalaman 16 km.

Top Trending: Arti Gempa Bulan Ramadhan Menurut Primbon Jawa, Jayabaya Ramalkan Pulau Jawa Ini

"Dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Walane yang berdekatan dengan pusat epicenter," kata Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar Darmawan, dikutip dari instagram @BMKG.

Berdasarkan laporan masyarakat, gempabumi ini dirasakan di Sengkang III MMI, di Tanete Sidrap II MMI, di Soppeng II – III MMI. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami. 

Sembilan Daerah Siaga dan Waspada Cuaca Ekstrem, Menurut BMKG

"Kami mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ujarnya. 

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg)

Ilustrasi - Seismograf mencatat getaran gempa.

Gunung Kidul Yogyakarta Diguncang Gempa, Getaran Terasa hingga Pacitan

Dari update BMKG, guncangan gempa magnitudo 5,0 berpusat di Laut 153 kilometer Barat Daya Gunung Kidul.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024