Update Virus Corona 27 Maret 2020: Jumlah Kematian Bertambah 9 Orang

Juru Bicara Pemerintah Untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto
Sumber :
  • BNPB

VIVA – Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 kembali menyampaikan pemutakhiran data kasus Corona COVID-19 termasuk jumlah kematian hingga pasien sembuh di Indonesia. Jumlah pasien yang dinyatakan positif terpapar virus corona atau COVID-19 di Indonesia sudah menembus angka 1.046 kasus sampai Jumat, 27 Maret 2020.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Juru Bicara Pemerintah Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto mengatakan penambahan kasus terinfeksi virus COVID-19 ini merupakan akumulatif sampai hari Jumat siang pukul 12.00 WIB.

"Terjadi penambahan kasus yang cukup signifikan, ada 153 kasus baru yang kita dapatkan. Sehingga, total kasus positif 1.046 kasus," kata Yuri dalam konferensi pers seperti disiarkan tvOne.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Menurut dia, pasien yang sembuh juga mengalami penambahan sebanyak 11 orang sehingga totalnya menjadi 46 orang yang sembuh, dan dibolehkan pulang.

"Sedangkan, kematian juga bertambah 9 orang sehingga total menjadi 87 orang (meninggal dunia)," ujarnya.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Untuk itu, Yuri mengingatkan kembali dengan bertambahnya kasus yang dinyatakan positif ini menggambarkan masih ada penularan penyakit COVID-19 di tengah masyarakat, dan masih ada kontak dekat dengan pasien terinfeksi virus corona.

Dia kembali mengimbau masyarakat untuk menjaga jarak kontak. Dia menjelaskan, penularan sangat bisa terjadi, dan tanpa gejala kepada yang terinfeksi. Pasien gejala ringan dan kemudian secara tak sadar menulari dengan kontak dekat di rumah dan luar rumah.

“Mari kita sama-sama memiliki kesepahaman kita lindungi yang sakit agar bisa isolasi dengan baik dan tidak menularkan orang dan agar betah di rumah. Yang kedua mari kita juga melindungi yang sehat jangan sampai tertular oleh orang yang sakit,” kata Yurianto.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya