Ada Teori Bahaya Corona, Jika Diterapkan di RI Satu Generasi Lenyap

Presiden Joko Widodo.
Sumber :

VIVA – Ada sebuah hal sangat penting yang harus diwaspadai Pemerintah Indonesia dalam mengatasi wabah Virus Corona atau COVID-19.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Hal itu disampaikan Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia atau PAPDI dalam surat resmi yang telah dilayangkan ke Ketua Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau ugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Surat PAPDI itu disiarkan oleh dokter Dirga Sakti Rambe melalui Twitter pribadinya, Sabtu 28 Maret 2020.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Dalam surat itu PAPDI merekomendasikan agar Pemerintah Indonesia tidak mengikuti ide atau saran-saran politisi dunia tentang mengatasi virus corona dengan Teori Herd Immunity atau imunitas komunitas.

Berdasarkan kajian PAPDI, jika teori itu diterapkan Pemerintah Indonesia, maka sebuah bencana menakutkan bakal berpotensi terjadi. Disebutkan PAPDI, teori itu bisa memicu terjadinya kematian massal di Indonesia dan dan melenyapkan satu generasi.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Terori Herd Immunity artinya membiarkan imunitas alami tubuh hingga terbentuk daya tahan terhadap virus dan penyebaran virus diharapkan reda dengan sendirinya.

"Sementara itu, organisasi profesi tempat saya bernaung, PAPDI juga telah melakukan kajian terhadap "herd immunity" pada #COVID19. SEANDAINYA konsep ini sengaja diterapkan di Indonesia, terjadi kematian massal & HILANGNYA 1 GENERASI," tulis dokter Dirga.

Banyak hal yang mendasari PAPDI mengingatkan pemerintah untuk menerapkan teori itu. Dan PAPDI dalam kesimpulannya menyarankan pemerintah agar lebih baik memutus mata rantai host, penjamu, inang dengan berbagai cara. Lalu deteksi dan pengobatan dini pasien COVID-19.

Baca: Pasien Corona Surati Presiden Jokowi, Isinya Borok Pemda Recoki Dokter

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya