Tidak Boleh Mudik, Warga Jakarta Akan Diberikan Bantuan Sosial

Menteri Sosial Juliari P. Batubara
Sumber :

VIVA – Pemerintah pusat berencana memberikan bantuan sosial kepada warga DKI Jakarta. Rencana itu seiring dengan imbauan pemerintah supaya warga di Ibu Kota tak berbondong- bondong untuk mudik ke kampung halaman.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

"Bapak presiden memberikan arahan kepada kami agar memikirkan suatu program khusus bagi daerah seperti DKI yang intinya untuk mengurangi lonjakan arus mudik dari DKI ke daerah-daerah lain," kata Menteri Sosial Juliar Batubara, Rabu 2 April 2020.

"Sehingga diputuskan akan diberikan bansos khusus untuk DKI dalam rangka untuk meredam arus mudik ke daerah lain," tambahnya.

Biaya Hidup di Jakarta Makin Mahal, Pengamat: Pemudik Tidak Lagi Bawa Keluarga

Juliari menyatakan, program bantuan sosial itu, pemerintah sebetulnya sudah mengarahkan seperti kartu prakerja, program keluarga harapan dan insentif ke dunia usaha.

Namun kali ini, ia menuturkan, bantuan sosial kepada warga Jakarta segera dipercepat demi mengantisipasi arus mudik. Presiden, meminta dua minggu ke depan bantuan itu segera direalisasikan.

Baru 79 Persen Pemudik yang Kembali Menyebrang dari Sumatera ke Jawa

"Kami diminta memberikan kepada sektor informal yang terdampak paling parah, khususnya di DKI," tuturnya.

Juliari juga memaparkan supaya penerima bantuan dihitung secara cermat dan tepat sasaran. Dalam waktu dekat, ia juga akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan kementerian lainnya mengenai besaran bantuan dan teknis pendistribusiannya.

"Program khusus ini kita berharap penerimanya tidak mudik," kata Juliari.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya