Bantuan APD Rp1,5 Miliar, Bantu Penanganan Virus Corona di Kudus

Penyerahan bantuan APD dari Djarum Foundation kepada Kabupaten Kudus
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Tenaga medis di Kudus, Jawa Tengah, mendapatkan bantuan Alat Perlindungan Diri (APD) senilai Rp1,5 miliar. Bantuan ini didapatkan dari Bakti Sosial Djarum Foundation.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Bantuan tersebut diterima oleh Plt Bupati Kudus, HM Hartopo, dari Vice President Director Djarum Foundation F.X Supanji dan Program Manager Bakti Sosial Djarum Foundation Purwono Nugroho.

Purwono mengemukakan bantuan ini merupakan langkah nyata Djarum Foundation untuk turut berkolaborasi demi menangani pandemi virus corona COVID-19. Kebutuhan akan APD memang begitu mendesak, mengingat kuantitasnya yang tak terlalu memadai.

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

"Semoga para pahlawan kesehatan yang berada di garda terdepan dapat terlindungi dan lebih percaya diri dalam menangani pasien dengan adanya tambahan APD ini," kata Purwono.

APD yang diberikan meliputi Baju Coverall (500 unit), google alias kacamata (400 unit), pelindung wajah (300 unit), masker N95 (4.000 unit ), masker bedah (1.000 boks), sepatu boot (400 pasang), sarung tangan (1.000 boks), penutup kepala (5.000 unit), serta virus transportation media (VTM) atau alat untuk mengecek pasien yang diduga terinfeksi virus corona sebanyak 5.000 unit.

Epidemiolog Sebut Virus Nipah Bisa Jadi Pandemi, Berpotensi Masuk Indonesia

"Perlengkapan APD itu akan dibagikan ke fasilitas pelayanan perawatan COVID-19 termasuk Puskesmas yang dalam pelaksanaannya, juga akan berkoordinasi dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kudus," jelas Hartopo.

Ilustrasi COVID-19/Virus Corona.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Kasus konfirmasi positif COVID-19 di DKI Jakarta kembali meningkat. Per Rabu 13 Desember 2023 tercatat ada sebanyak 131 kasus baru sehingga total kasus aktif 365 kasus.

img_title
VIVA.co.id
13 Desember 2023