Hotel dan RS Pertamina Khusus COVID-19, Bisa Tes 1.300 Sampel per Hari

RS Pertamina Jaya
Sumber :
  • Instagram RS Pertamina Jaya

VIVA – PT Pertamina menyiapkan fasilitas Rumah Sakit Darurat yang dipusatkan di Hotel Patra Jasa Jakarta serta menjadikan Rumah Sakit Pertamina Jakarta (RSPJ) sebagai Rumah sakit khusus rujukan pasien virus Corona (COVID-19).

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Pertamina juga menyediakan sekitar 800 tenaga medis dan tenaga pendukung, baik melalui rekrutmen baru maupun mendayagunakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di RSPJ untuk menangani pasien-pasien COVID-19. 

Hal itu dilakukan sesuai dengan mandat yang diberikan Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir pada 11 Maret 2020 terkait penugasan bagi Pertamina untuk berperan aktif menyediakan Rumah Sakit yang layak untuk dijadikan tempat penanganan penderita COVID-19.

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

Saat meninjau langsung seluruh fasilitas kesehatan, termasuk tenaga medis untuk memastikan kesiapan merawat pasien COVID-19, Erick mengatakan bahwa kedua rumah sakit tersebut akan siap beroperasi empat hari mendatang. 

"Mungkin empat hari lagi ini bisa operasional, beserta lab-nya, yang kemarin dari Kementerian BUMN membawa mesin lab ini dari Swiss," kata dia saat konferensi pers di RSPJ, Senin, 6 April 2020.

Epidemiolog Sebut Virus Nipah Bisa Jadi Pandemi, Berpotensi Masuk Indonesia

Direktur Utama Pertamedika IHC Dr. dr. Fathema Djan Rachmat menambahkan, untuk di Hotel Patra Jasa, sudah disiapkan bangunan ruang rawat 90 bed modular. Sedangkan, seluruh ruang kamar di RSPJ akan difungsikan khusus untuk menangani pasien COVID-19 dengan 65 kamar isolasi untuk merawat pasien yang positif COVID-19.

"Rumah Sakit Darurat COVID-19 Hotel Patra Jasa dan RSPJ mengikuti standar yang ditetapkan WHO. Khusus untuk laboratorium, sudah siap alat test dari Roche yang mampu melakukan test 1.300 sampel setiap harinya," tutur dia.

Ilustrasi COVID-19/Virus Corona.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Kasus konfirmasi positif COVID-19 di DKI Jakarta kembali meningkat. Per Rabu 13 Desember 2023 tercatat ada sebanyak 131 kasus baru sehingga total kasus aktif 365 kasus.

img_title
VIVA.co.id
13 Desember 2023