Update Corona Sumut 6 April 2020: 57 Kasus, Jumlah ODP Menurun

Kereta api.
Sumber :

VIVA – Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumatera Utara (Sumut) mencatat terkait kasus virus Corona jumlah pasien positif terpapar Corona COVID-19 bertambah menjadi 57 orang per Senin 6 April 2020. Pada hari sebelumnya berjumlah 56 orang.

Lebaran 2024, KAI Bandara Medan Mengangkut 102.502 Penumpang

"Pasien positif COVID-19 di Sumatera Utara saat ini bertambah 1 orang dari hari sebelumnya yang bejumlah 56 orang menjadi 57 orang.  Jumlah ini mengalami kenaikan sekitar 1,7 persen dibandingkan hari sebelumnya," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumatera Utara, dr Aris Yudhariansyah melalui konferensi pers, Senin sore, 6 April 2020. 

Aris menjelaskan 57 pasien positif Corona dengan perincian ?37 orang positif COVID-19 berdasarkan hasil laboratorium."Sedangkan, 20 orang positif berdasarkan hasil rapid test," tutur Aris.

Bobby Nasution akan Jalin Komunikasi dengan NasDem dan PKB untuk Pilgub Sumut

Untuk pasien dalam pengawasan (PDP) COVID-19 juga mengalami peningkatan sekitar 7,8 persen dibandingkan hari sebelumnya."Di mana jika hari sebelumnya jumlah PDP COVID-19 sebanyak 122 orang kini bertambah menjadi 127 orang," sebut Aris. 

Sementara orang dalam pemantauan (ODP) COVID-19  di Sumatera Utara berjumlah 3615 orang mengalami penurunan dibandingkan hari sebelumnya, berjumlah 3638 orang.

Kantongi Surat Tugas Maju Pilgub, Bobby Nasution: Tak Perlu Daftar Lagi ke Golkar Sumut

Aris menjelaskan ada perbedaan pemahaman terhadap ODP, OTG dan PDP. Dengan itu, terjadi tidak sinkron data pasien COVID-19 tingkat kabupaten kota, provinsi, hingga tingkat nasional.
?
"Ada pemahaman persepsi terkait dengan PDP, ODP, dan OTG sehingga ada ketidaksinkronan data. Dalam waktu dekat kita akan berupaya menyatukan pemahaman," ungkap Aris.

Aris menambahkan bahwa data pasien Corona COVID-19 yang ditampilkan oleh Gugus Tugas Sumatera Utara merupakan rekapitulasi dari laporan gugus tugas masing-masing Kabupaten/kota di Sumatera Utara yang disinkronkan dengan laporan dari Rumah Sakit rujukan COVID-19.

"Masalah ini memang sudah menjadi perhatian kita dan kita berupaya bagaimana data ini bisa disinkronkan. Untuk diketahui, alur data kita terima dari gugus tugas (kabupaten/kota) dan disinkronkan dengan rumah sakit dan itu yang kita tampilkan," katanya.

Baca juga: Update Corona 6 April 2020 di Indonesia: 2491 Kasus, 209 Meninggal

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya