Update Corona Sumut 6 April 2020: 57 Kasus, Jumlah ODP Menurun

Kereta api.
Sumber :

VIVA – Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumatera Utara (Sumut) mencatat terkait kasus virus Corona jumlah pasien positif terpapar Corona COVID-19 bertambah menjadi 57 orang per Senin 6 April 2020. Pada hari sebelumnya berjumlah 56 orang.

Petugas Keamanan KAI Bandara Medan Temukan Uang Puluhan Juta Milik Penumpang

"Pasien positif COVID-19 di Sumatera Utara saat ini bertambah 1 orang dari hari sebelumnya yang bejumlah 56 orang menjadi 57 orang.  Jumlah ini mengalami kenaikan sekitar 1,7 persen dibandingkan hari sebelumnya," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumatera Utara, dr Aris Yudhariansyah melalui konferensi pers, Senin sore, 6 April 2020. 

Aris menjelaskan 57 pasien positif Corona dengan perincian ?37 orang positif COVID-19 berdasarkan hasil laboratorium."Sedangkan, 20 orang positif berdasarkan hasil rapid test," tutur Aris.

Dugaan Korupsi Rp 8 Miliar, Kejari Medan Tahan Eks Dirut RSUP Adam Malik

Untuk pasien dalam pengawasan (PDP) COVID-19 juga mengalami peningkatan sekitar 7,8 persen dibandingkan hari sebelumnya."Di mana jika hari sebelumnya jumlah PDP COVID-19 sebanyak 122 orang kini bertambah menjadi 127 orang," sebut Aris. 

Sementara orang dalam pemantauan (ODP) COVID-19  di Sumatera Utara berjumlah 3615 orang mengalami penurunan dibandingkan hari sebelumnya, berjumlah 3638 orang.

Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

Aris menjelaskan ada perbedaan pemahaman terhadap ODP, OTG dan PDP. Dengan itu, terjadi tidak sinkron data pasien COVID-19 tingkat kabupaten kota, provinsi, hingga tingkat nasional.
?
"Ada pemahaman persepsi terkait dengan PDP, ODP, dan OTG sehingga ada ketidaksinkronan data. Dalam waktu dekat kita akan berupaya menyatukan pemahaman," ungkap Aris.

Aris menambahkan bahwa data pasien Corona COVID-19 yang ditampilkan oleh Gugus Tugas Sumatera Utara merupakan rekapitulasi dari laporan gugus tugas masing-masing Kabupaten/kota di Sumatera Utara yang disinkronkan dengan laporan dari Rumah Sakit rujukan COVID-19.

"Masalah ini memang sudah menjadi perhatian kita dan kita berupaya bagaimana data ini bisa disinkronkan. Untuk diketahui, alur data kita terima dari gugus tugas (kabupaten/kota) dan disinkronkan dengan rumah sakit dan itu yang kita tampilkan," katanya.

Baca juga: Update Corona 6 April 2020 di Indonesia: 2491 Kasus, 209 Meninggal

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya