Jajanan Sekolah di Yogya Mengandung Kimia

VIVAnews - Hasil penelitian yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta bekerjasama dengan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Yogyakarta cukup mengejutkan khususnya kepada jajanan yang diperjual belikan di sekolah.

Berdasarkan hasil penelitian, 40 persen jajanan yang dijual mengandung zat yang berbahaya seperti sakarin dan siklamat.

"Hasil penelitian terhadap jajanan yang dijual pedagang di sekolah dan kaki lima ternyata 40 persen mengandung sakarin dan siklamat yang sangat berbahaya jika dikonsumsi secara terus menerus,” ujar Kepala Bidang Regulasi dan Pengelolaan Sumber Daya Manusia Kesehatan, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Tuti Setyowati, Rabu 13 Januari 2010.

Atas temuan itu, seluruh PKL yang berdagang di Kota Yogyakarta mulai dari PKL yang ada di sekolah-sekolah maupun di jalan-jalan protokol akan ditertibkan.

Penertiban itu akan dilakukan dengan melakukan sertifikasi. Nantinya pedagang atau PKL yang berjualan di Kota Yogyakarta harus bersertifikasi.

“Upaya sertifikasi ini merupakan upaya untuk mendorong perilaku hidup bersih para PKL. Dengan demikian diharapkan PKL juga menjual makanan dan minuman yang sehat,” tandasnya

Untuk terlaksananya sertifikasi makanan sehat itu, Dinas Kesehatan akan menggandeng Dinas Pendidikan, Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi, Dinas Ketertiban, Balai Besar POM Yogyakjarta.

Target dari sertifikasi sendiri agar tercapai perilaku hidup bersih, mulai
dari memilih bahan baku yang higienis, penembatan hingga prosesnya.

"Kita berharap seluruh PKL memakai alat pelindung diri ketika melayani konsumen. Alat pelindung diri itu akan kita usulkan agar bisa ditangani melalui program disperindagkop," pungkasnya

Laporan: KDW| Yogyakarta

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 20 April 2024
ilustrasi zodiak

Ramalan Zodiak Sabtu 20 April 2024, Sagitarius: Hati-hati dengan Teman Dekat

Ramalan zodiak Sabtu, 20 April 2024. Scorpio, pertimbangkan untuk berinvestasi dalam properti. Sagitarius, waspadalah teman dekat.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024