Gunung Anak Krakatau Erupsi, Dentuman Terdengar Hingga Jakarta

Erupsi Gunung Anak Krakatau
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Gunung Anak Krakatau di Perairan Selat Sunda antara Banten dan Lampung meletus Jumat malam 10 April 2020. Letusan terjadi terus menerus bahkan hingga saat ini. Terakhir, letusan besar Gunung Krakatau bahkan terdengar jelas hingga Jakarta.

Menguak 7 Gunung Berapi Bawah Laut di Indonesia

Menurut beberapa sumber VIVA.co.id, dentuman keras terdengar Sabtu dini hari ini sekitar jam 03.00 WIB. Dentuman keras juga terdengar di beberapa wilayah di sekitar Jakarta seperti Pamulang hingga Bogor. Jika dilihat dari jaraknya dengan Pamulang, dentuman terdengar hingga 165 km.

Laporan mengenai dentuman yang terdengar di beberapa wilayah sekitar ibu kota ini juga dilaporkan netizens di media sosial. Selain dentuman yang tak berhenti-henti, Gunung Anak Krakatau juga menyemburkan abu tebal hingga lebih dari 500 m di atas puncaknya.

Geger Pulau Baru Tiba-tiba Muncul di Jepang, Hal Ini Jadi Pemicunya

Gunung Anak Krakatau memang terus berdentum sejak Jumat malam. Menurut Pusat Vulkanologi Mitagasi dan Bencana Geologi atau PVMBG, letusan pertama kali terjadi pada pukul 22:35 WIB, letusan pertama kali terekam pada seismogram dengan amplitudo maksimum 40 milimeter.

Hingga berita ini diturunkan, beberapa kali dentuman juga masih terdengar jelas. Pada Jumat kemarin, PVMBG masih menyebutkan, status Gunung Anak Krakatau masih waspada atau Level II.

Gunung Anak Krakatau Alami 415 Kali Gempa Letusan Sepanjang 2023


 

Erupsi Gunung Anak Krakatau

Gunung Anak Krakatau Terus Erupsi, Ketinggian Abu Vulkanik Capai 2.000 Meter

Saat ini, Gunung Anak Krakatau berada di Level III atau Siaga, dengan rekomendasi dilarang mendekat dalam radius 5 km.

img_title
VIVA.co.id
4 Desember 2023