Sumba Diguncang Gempa Terasa Hingga Lombok Timur

Petugas BMKG saat mengamati data pergerakan gempa.
Sumber :
  • TvOne/Irfan Beno

VIVA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG menunjukkan bahwa tekah teejadi gempa bumi ini berkekuatan M=4,9 yang terjadi di wilayah Sumba, Kamis, 16 April 2020 pukul 07.37 WITA. 

Motor Bekas Merek Ini Jadi Primadona Anak Muda Ngabers, Harga Mulai Rp17 Jutaan

Episenter terletak pada koordinat 8,32 LS dan 116,88 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 13 km Barat Laut Pulau Panjang, Nusa Tenggara Barat pada kedalaman 10 km. 

Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar, M. Taufik Gunawan mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter? dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas sesar aktif, hasil interaksi sesar naik busur belakang Flores (Flores Back Arc Trust).

Mayoritas Kota-kota Besar Berpotensi Hujan dampak Dua Siklon Tropis, Menurut BMKG

Menurut dia, dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Sumbawa dan Lombok Timur II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang. Benda-benda ringan yang digantung bergoyang). 

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," katanya. 

BMKG Temukan Ratusan Titik Panas di Kaltim, Jumlahnya Meningkat dari Sehari Sebelumnya

Hingga pukul 08.25 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan empat aktivitas gempa bumi susulan.

Untuk itu, ia mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Prilly Latuconsina masak untuk Lebaran

Prilly Latuconsina Ketahuan Masak Pakai LPG 3 Kg, ESDM Beri Sindiran Menohok

Artis Prilly Latuconsina beberapa waktu lalu menjadi perbincangan di media sosial lantaran kedapatan menggunakan gas LPG 3 Kg untuk memasak jelang hari raya Idul Fitri.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024