Kasus Illegal Logging di Ketapang, Kalbar Segera Disidangkan

Kasus ilegal logging di Kalimantan Barat
Sumber :
  • KLHK

VIVA – Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat telah menyatakan berkas perkara tersangka J (39), kasus ilegal logging di Kabupaten Ketapang yang ditangani Penyidik Balai Penegakan Hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kalimantan Seksi Wilayah III Pontianak sudah lengkap (P21).

Warga Nekat Lompat dari Lantai 2, Selamatkan Diri dari Si Jago Merah

Dengan begitu, Penyidik Balai Gakkum KLHK akan segera menyerahkan tersangka dan barang bukti ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat yang selanjutnya  dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Ketapang untuk proses persidangan.

Direktur Pencegahan dan Pengamanan Hutan KLHK, Sustyo Iriono? mengatakan pihaknya tetap mengikuti arahan pemerintah menjaga jarak di tengah pandemi virus corona atau COVID-19 ini.

Pengedar Narkoba Tertangkap Bawa Senpi Rakitan dan Amunisi

"Kami tetap bekerja memproses semua kasus kejahatan lingkungan dan kehutanan. Kami sangat menghargai kerja keras penyidik KLHK dan Polda Kalbar serta Kejati Kalbar, sehingga bisa menyelesaikan kelengkapan berkas kasus illegal logging di Ketapang. Kami tidak berhenti untuk melakukan penindakan pelaku kejahatan seperti ini," kata Sustyo pada Kamis, 16 April 2020.

Penyidik KLHK mempersangkakan J dalam kasus menguasai atau memiliki hasil hutan yang tidak dilengkapi secara bersama-sama Surat Keterangan Sahnya Hasil Hutan (SKSHH) dan/atau mengolah hasil hutan yang berasal dari kawasan hutan yang diambil atau dipungut secara tidak sah di Jalan Ketapang-Siduk, Desa Kuala Tolak, Kecamatan Matan Hilir, Kabupaten Ketapang.

Bocah Tewas Tenggelam di Kolam Galian Saat Ambil Sandal

Tersangka J dikenakan pasal berlapis, yaitu Pasal 38 Ayat 1 Huruf b dan/atau Pasal 87 Ayat 1 Huruf b dan Huruf c, Undang-Undang No 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan (P3H) dengan ancaman pidana penjara paling lama 5 tahun dan denda paling banyak Rp2,5 miliar.

Petugas kepolisian mengamankan TKP lokasi diduga dibunuhnya seorang wanita muda oleh mantan suaminya sendiri di Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, pada Selasa 16 April 2024 sore. (Istimewa)

Wanita Muda Diduga Dibunuh Mantan Suami Saat Cekcok

Warga Kabupaten Kubu Raya dihebohkan dengan tewasnya seorang wanita muda yang diduga kuat dibunuh oleh mantan suaminya. Peristiwa tersebut terjadi di rumah yang berada di

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024