34 Santri Magetan Positif Corona setelah Kembali ke Malaysia

Mural Lawan Virus Corona.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

VIVA – Sebanyak 34 santri sebuah pesantren di Temboro, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, dikabarkan terkonfirmasi positif Corona COVID-19 setelah pulang ke negara mereka di Malaysia beberapa hari lalu. Mereka pun menjalani karantina. Kabar itu disampaikan Pemerintah Malaysia sendiri, sebagaimana dilaporkan Malaysiakini.com pada Minggu, 19 April 2020.

Langkah PBNU Persiapkan Santri Sukses Masuk PTN Favorit

Sebelumnya sebagaimana keterangan tertulis diterima pada 5 April 2020, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Pemkab Magetan, Kantor Kementerian Agama setempat, bersama pihak Pesantren Temboro sepakat memulangkan ribuan santri di sana, baik yang berasal dari sejumlah daerah maupun dari luar negeri. Diharapkan, seluruh santri sudah pulang sebelum Ramadhan, 24 April 2020.

Menanggapi itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, berdasarkan informasi yang ia terima, para santri Pesantren Temboro pulang ke Malaysia di hari yang sama dengan kepulangan 154 Pekerja Migran Indonesia atau TKI dari Malaysia ke Jatim beberapa waktu lalu. “Itu pesawat yang sama kembali ke Kuala Lumpur sebagian besar diisi penumpang dari santri Temboro,” katanya di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Minggu malam.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Khofifah mengaku telah menerima laporan dari Bupati Magetan Suprawoto bahwa muncul klaster baru di kabupaten ujung barat Jatim itu, yaitu Klaster Temboro. Informasi itu diterima setelah Pemkab Magetan meminta bantuan alat pelindung diri (APD) berupa masker yang akan disalurkan ke Temboro. “Kita (langsung) kirim (APD),” kata dia.

Ketua Rumpun Tracing Gugus Tugas COVID-19 Jatim, Kohar Hari Santoso, menuturkan, di sekitar Pesantren Temboro terdapat seorang warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 dan rumahnya berdekatan dengan pesantren. Pasien positif tersebut kini sudah dirawat di RSUD dr Soedono Madiun. “Tinggalnya berdekatan dengan pondok,” katanya.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Belum diketahui secara pasti apakah warga Temboro yang positif Corona itu berhubungan dengan ke-34 santri Temboro yang kemudian dinyatakan positif sesampai di negara asal mereka di Malaysia. Kohar mengaku belum melakukan tracing soal itu. “Kami belum bisa tracing lebih jauh teman pondok apakah kontak (dengan warga Temboro yang positif Corona). Tapi dari pengasuh pondok, kami dengar mereka ada santrinya berasal dari Malaysia yang pulang,” ujarnya.

Baca juga: Masih PSBB, Pesta Gay Mandi Air Panas di Bogor Digerebek

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rahmat Bagja

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Ketua Bawaslu RI mengatakan bahwa Pilkada Serentak 2024 berbeda dan jauh lebih kompleks dibandingkan dengan penyelenggaraan pilkada serentak sebelumnya.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024