Sosok 5 Kartini Muda Cantik Penyabet Kursi Kepala Daerah di Indonesia

Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany
Sumber :
  • satu jam lebih dekat-tvOne

VIVA – Peringatan Hari Kartini yang jatuh pada hari ini, Selasa 21 April 2020 berlangsung dalam situasi keprihatinan pandemi wabah virus Corona. Kartini yang menjadi simbol kesetaraan peran dan kemajuan kaum perempuan Indonesia, kini dihadapkan tantangan zaman yang kian beragam.

Kumpulan Kata-kata Inspiratif untuk Memperingati Hari Kartini

Namun situasi peringatan Hari Kartini di tengah wabah tak membuat sosok perempuan tangguh yang mengukir prestasinya masing-masing.

Kemajuan perempuan Tanah Air juga terus merambah ke semua lini bidang kehidupan, tak terkecuali juga di jajaran pemerintahan. Terbukti jelas bahwa Kartini modern sukses menempati singgasana sebagai kepala daerah seperti Wali Kota, Bupati bahkan Gubernur.

Golkar Melejit di Pileg 2024, Airin Soroti Peran Besar Kader Perempuan

Baca juga: Ajaib, Tenaga Medis Sembuh dari Corona Walau Sempat Lumpuh

Bukan cuma bermodal kualitas intelektualnya saja, namun kecantikan paras mereka pun turut jadi daya tarik yang cukup mengesankan.

Hasil Sementara Caleg DPR RI Banten, Airin Kalahkan Rano Karno hingga Hary Tanoesoedibjo

Berikut deretan Wali Kota dan Bupati cantik di Tanah Air yang jadi inspirasi sebagai Kartini modern masa kini:

Airin Rachmi Diany

Warga kota Tangerang Selatan tentunya sudah sangat mengenal sosok Wali Kota cantik kebanggaan mereka saat ini, Airin Rachmi Diany. Wanita 46 tahun itu merupakan orang nomor satu kota Tangsel yang sudah menjabat selama 2 periode sejak tahun 2011 silam.

Sebelumnya dia menjadi anggota Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) di Kabupaten Tangerang 2004-2009.

Airin merupakan adik ipar mantan Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah yang kini mendekam di penjara terkait kasus proses penganggaran alat kesehatan dan mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp79 miliar.

Sementara itu, suami Airin, Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan merupakan terpidana kasus suap hakim Mahkamah Konstitusi.

Indah Putri Indriani

Tak cuma kota Tangerang Selatan yang punya pemimpin daerah berparas cantik, masyarakat Luwu Utara, Sulawesi Selatan pun punya sosok Kartini modern kebanggaan mereka.

Ya, ada nama Indah Putri Indriani sebagai Bupati Luwu Utara periode 2016-2021 sebagai salah satu kepala daerah cantik yang kerap menjadi sorotan.

Ia adalah perempuan pertama yang berhasil menjadi kepala daerah di wilayah Sulawesi Selatan. Sebelumnya, ia merupakan wakil bupati Luwu Utara periode 2010-2015 berpasangan dengan Arifin Junaidi

Berlatar belakang kuat dari dunia akademisi, Indah pernah mengemban tugas sebagai dosen di beberapa perguruan tinggi ternama di Tanah Air.

Tercatat, ibu dua anak ini pernah tercatat sebagai staf pengajar program S1 ekstension FISIP Universitas Indonesia (UI), dosen pascasarjana ilmu politik UI, dosen FISIP Universitas Bung Karno, dan dosen FISIP Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Asmin Laura Hafid

Nama berikutnya yang masuk jajaran Kartini modern cantik di kursi kepala daerah yakni Bupati Nunukan, Asmin Laura Hafid. Wanita 35 tahun tersebut merupakan Bupati keempat Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Adapun prestasi mentereng Asmin selama menjabat sebagai Bupati diantaranya terpilih dalam penghargaan PR Indonesia Best Communication 2017 kategori Bupati.

Perempuan kelahiran Sabah, Malaysia 10 Agustus 1985 itu memang sangat piawai dalam mengelola kemampuannya berkomunikasi dan tak diragukan lagi performanya dalam ranah pemerintahan daerah.

Karolin Margret Natasa

Jika Asmin Laura Hafid adalah orang nomor satu di Nunukan, Kalimantan Utara, maka ada pula Kartini cantik modern dari Kalimantan Barat yang sukses sebagai Bupati.

Ya, adalah Karolin Margret Natasa yang kini menduduki kepala daerah Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Sebelumnya, Karolin merupakan mantan anggota Komisi IX DPR RI periode 2009-2014 dan 2014-2019.

Karolin juga menjadi perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua Umum dalam organisasi Pemuda Katolik.

Dari torehan prestasi, Karolin pun sempat dinobatkan sebagai Bupati terbaik se-Kalimantan 2017 dan mampu mengungguli 46 bupati lainnya se-Pulau Kalimantan oleh Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia.

Cellica Nurrachadiana

Satu lagi nama Kartini cantik modern di kursi kepala daerah adalah Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana. Nama Cellica belakangan ini cukup jadi sorotan pasca sempat divonis positif terpapar virus corona dan berhasil sembuh usai melakukan karantina diri.

Cellica menjabat sebagai Bupati Karawang untuk masa bakti 2015-2020 yang mana sebelumnya, ia menjabat sebagai Wakil Bupati Karawang periode 2010-2015.

Kala itu Cellica sempat dinobatkan sebagai Wakil Bupati termuda se-Indonesia. Ia memiliki satu anak dan sudah bercerai. Menurut Cellica, namanya berasal dari mobil Toyota Celica yang dibeli orang tuanya ketika ia lahir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya