Hari Kartini, Ini Peran Perempuan di Tengah Pandemi COVID-19

Dr Erlina Burhan, spesialis paru-paru di RS Persahabatan Jakarta
Sumber :
  • tvone

VIVA – Ketua Tim Penanganan COVID-19 Rumah Sakit Persahabatan, Erlina Burhan, adalah salah satu perempuan yang berada di garda terdepan dalam menghadapi pandemi coronavirus. Dalam peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap tanggal 21 April, dia mengatakan peran perempuan terutama tenaga medis, memiliki banyak peran di masyarakat.

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Erlina mengatakan peran perempuan khususnya sebagai tenaga medis tentunya berbeda-beda tergantung kepada profesinya di rumah sakit. Profesi perawat saja misalnya, di Indonesia sekitar 80 persen di antaranya adalah perempuan. Dalam hal ini perawat perempuan memiliki kemampuan untuk mendekati pasien dan memberikan edukasi, baik itu kepada pasien maupun keluarga.

"Para perempuan di pelayanan kesehatan, mereka melakukan pelayanan berkualitas terutama pada era pandemi. Saya juga sangat yakin dan mengapresiasi tenaga kesehatan yang melakukan peran ganda antara tenaga kesehatan, ibu rumah tangga dan anggota masyarakat," kata Erliana dalam diskusi memperingati Hari Kartini dengan tema 'Peran Para Kartini di Saat Pandemi Covid-19' di Graha BNPB, yang disiarkan lewat akun Youtube BNPB, Selasa 21 April 2020.

Cerita Anne Avantie Bangkrut, Temukan Kebahagiaan di Tempat Tak Terduga

Menurutnya, perempuan di masyarakat yang profesinya bukan sebagai tenaga kesehatan bisa ikut berkontribusi dengan memastikan individu-individu yang sedang diisolasi, ikut serta memberikan semangat dan motivasi. Sementara yang berprofesi sebagai tenaga medis, bisa berperan dengan memberikan edukasi agar stigma terhadap COVID-19 bisa diminimalisir atau dihilangkan.

"Peran sebagai apa pun yang bisa dilakukan, tidak masalah peran kecil atau besar, semua berarti untuk menghadapi COVID-19. Jagalah diri, kesehatan dan stamina, karena bukan ini saja kia hadapi karena kita punya keluarga di rumah. Anda semua pahlawan di rumah dan pahlawan di tempat bekerja masing-masing," ujarnya.

Anggota DPR Harap BUMN Bisa Jadi Solusi Hadapi Persoalan Ketahanan Pangan
Kapten Vincent kena flu Singapura

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Kapten Vincent belum lama ini membagikan pengalaman kesehatannya yang mengkhawatirkan melalui akun Instagramnya. Vincent diketahui terkena penyakit flu Singapura.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024