Pajang Tersangka Korupsi, KPK Ingin Bikin Malu Keluarganya

Pimpinan KPK Firli Bahuri
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri membeberkan alasan pihaknya memajang para tersangka saat pengumuman hasil ekspose perkara. Menurut Firli, itu semata-mata tujuannya sebagai efek jera.

Kasus Pemerasan Firli Bahuri Mandek, Kombes Ade Safri: Pasti Tuntas

“Karena ketika kami mengumumkan, misal si A sebagai tersangka. Nah, mulai hari itu dia sudah menerima sanksi. Minimal ada empat sanksi,” kata Firli Bahuri dalam rapat bersama Komisi III DPR RI yang juga disiarkan daring, Rabu, 29 April 2020.

Sanksi pertama dan terpenting, ungkap Firli, yakni sanksi sosial. Baik kepada si tersangka maupun kepada keluarganya. 

Polisi Mandek Proses Kasus Pemerasan SYL, di Mana Firli Bahuri Sekarang?

“Pertama sanksi-sanksi sosial, keluar rumah dia sudah disebut tersangka KPK. Makan siang di restaurant atau warteg disebut tersangka KPK. Anaknya kuliah juga disebut anaknya koruptor yang sudah diumumkan KPK. Istrinya ke pasar hanya beli kangkung, beli singkong, beli pisang disebut juga istrinya tersangka KPK,” ucap Firli.

Selain itu, kata Firli, untuk memberikan kepastian hukum kepada masyarakat, sekaligus tersangka bisa jera. Firli meamastikan kebijakan itu dilatari sudah lengkapnya bukti-bukti tindak pidana para tersangka.

Eks Ajudan SYL Ungkap Firli Minta Uang Rp50 Miliar, Apa Kabar Berkas Kasus Pemerasan di Polri?

“Dan mohon maaf pak, kami juga tidak ingin tersangka dadah-dadah (lambaikan tangan), ndak ada pak. Dulu kan ada pak, disuruh dadah dadah gitu kan, nah kita ndak,” ungkapnya.

Sebelumnya, langkah KPK memajang dua orang tersangka baru yakni perkara dugaan korupsi di Muara Enim, menuai kritikan dari sejumlah pihak. Sebab gaya rilis seperti itu bukan ciri khas KPK, melainkan Polri. Sehingga banyak pihak yang mengaitkan sikap itu lantaran KPK saat ini diketuai oleh komjen Pol Firli Bahuri.

Baca: KPK Ancam Hukum Mati Pelaku Korupsi Anggaran COVID-19

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya