Yuk Intip, Tips Mudah Hilangkan Stres dan Jaga Imunitas Saat Karantina

Ilustrasi stres/sakit kepala/pusing.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Di tengah masa pandemi seperti sekarang ini, tentunya sangat penting untuk menghindari stres berlebihan demi menjaga imunitas. Kondisi ekonomi yang kerap menghimpit diketahui sebagai salah satu pemicu stres.

Timun Suri Buah Musiman Saat Ramadhan, Khasiat Sehatnya Bukan Sekadar Menyegarkan Tubuh

Selain itu, situasi yang membosankan akibat karantina mandiri dan mengikuti anjuran “stay at home” juga dapat menimbulkan perasaan dan pikiran yang cenderung tak karuan.

Meski demikian, tetap menjaga diri agar terhindar stres tetap harus jadi perhatian penting. Hal ini dikarenakan untuk tubuh bisa dalam imunitas yang baik.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Baca juga: Pilu, Kisah Detik-detik Perawat Cantik Mulai Terinfeksi Virus Corona

Berikut dapat disimak sejumlah trik dan cara mengelola stres selama tetap mengikuti anjuran untuk #DiRumahAja, seperti yang dilansir tweet akun resmi @BNPB_Indonesia:

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

1. Khusyuk dalam ibadah dapat menjadi satu metode untuk tetap menjaga kondisi imunitas tubuh dengan baik. Praktik meditasi atau relaksasi serta sejenisnya dinilai cukup efektif menghindarkan diri dari stres.

2. Batasi penggunaan media sosial, apalagi yang isinya didominasi oleh konten-konten negatif dan pertengkaran. Disadari atau tidak, menyaksikan hal-hal negatif dapat memicu pikiran dan jiwa dalam kecemasan.

3. Perbanyak “me time” dengan berolahraga, membaca atau mengerjakan hobi.

4. Merawat hewan peliharaan, karena dapat membantu menenangkan diri.

5. Menjadi relawan sosial atau turut serta dalam kegiatan aksi sosial bersama di lingkungan sekitar dan berbagi rezeki dengan mereka yang membutuhkan.

6. Berbagi cerita via video call secara berkala dengan saudara, rekan dan teman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya