Enam Hari, Polisi Paksa Putar Balik 15 Ribu Kendaraan yang Mau Mudik

Pemeriksaan Kendaraan pemudik.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Sebanyak lebih dari 15 ribu kendaraan yang berencana akan mudik dipaksa putar balik oleh pihak kepolisian hanya dalam kurun waktu enam hari digelarnya Operasi Ketupat 2020. Hal itu diungkapkan Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Inspektur Jenderal Polisi Istiono kepada wartawan.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

“Dari enam hari pelaksanaannya (Operasi Ketupat) yang sudah diputarbalikan kurang lebih 15.000 kendaraan sampai hari ini,” kata Inspektur Jenderal Polisi Istiono, Jumat 1 Mei 2020.

Istiono juga menyesalkan aksi beberapa pengendara yang mencoba melanggar anjuran pemerintah dengan mencuri start untuk mudik. Bahkan ada yang menggunakan travel gelap atau truk terbuka yang disamarkan untuk membawa barang seperti kendaraan pribadi.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Dia berharap masyarakat tidak terus melakukan aksi semacam ini. Ia juga menegaskan bahwa apapun aksi warga untuk mengelabuhi petugas akan terbongkar. Selain itu, tambahnya, mereka harusnya mematuhi karena semua demi kebaikan bersama agar penyebaran COVID-19 dapat ditekan..

Istiono juga menyempatkan diri untuk menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat yang memutuskan untuk tak mudik dan harus rela menahan rindu bertemu keluarga di daerah asalnya.

Biaya Hidup di Jakarta Makin Mahal, Pengamat: Pemudik Tidak Lagi Bawa Keluarga

"Evaluasi di lapangan bahwa pada hari aktivitas biasa banyak aktivitas masyarakat bekerja di Jabodetabek, secara situasional kita izinkan demi kepentingan bekerja, bukan kepentingan mudik," katanya.

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rahmat Bagja

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Ketua Bawaslu RI mengatakan bahwa Pilkada Serentak 2024 berbeda dan jauh lebih kompleks dibandingkan dengan penyelenggaraan pilkada serentak sebelumnya.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024