Jhoni Ginting Dilantik Jadi Dirjen Imigrasi

Jhoni Ginting dilantik jadi Dirjen Imigrasi
Sumber :
  • Ditjen Imigrasi Kemenkumham

VIVA – Jhoni Ginting resmi dilantik oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM di Graha Pengayoman Jakarta pada Senin, 4 Mei 2020. Sebelumnya, Jhoni menjabat Inspektur Jenderal Kementerian Hukum dan HAM dan pelaksana tugas Dirjen Imigrasi.

Imigrasi Belum Terima Surat dari KPK soal Pencarian Syahrul Yasin Limpo

Yasonna menjelaskan promosi, mutasi dan rotasi di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM merupakan hal yang biasa dalam sebuah organisasi. Untuk itu, Yasonna mengingatkan kepada Jhoni Ginting agar menyesuaikan diri.

Menurut dia, ada beberapa tugas yang harus menjadi perhatian Direktur Jenderal Imigrasi Jhoni Ginting. Di antaranya, imigrasi sebagai pintu gerbang harus aman dari lalu lintas orang asing yang melintas dan menerapkan protokol pencegahan COVID-19 di setiap titik masuk Indonesia.

Viral Video Bule Mesum di Pantai, Diduga di Canggu Bali

"Perhatikan juga pekerja migran Indonesia dan WNI yang pulang dari Malaysia, Arab Saudi serta negara lain untuk tetap diperiksa dengan standar prosedur COVID-19. Layani mereka sebagaimana anda melayani saudara-saudara kita yang lainnya," ujarnya.

Kemudian, Yasonna mengatakan Jhoni harus perkokoh tulang punggung kesisteman untuk membangun dan memperbaiki sistem manajemen informasi keimigrasian (SIMKIM) secara terstruktur, akuntabel dan transparan agar lebih baik ke depannya.

Ingin Sejahterakan Pegawainya, Dirjen Imigrasi Siap Perjuangkan Tunjangan Rumah di Perbatasan

"Dirjen Imigrasi dari sisi pelayanan harus memberikan pelayanan keimigrasian semaksimal dan seadil-adilnya sesuai peraturan hukum yang berlaku. Berikan partisipasi publik mengawasi orang asing melalui wadah Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA)," jelas dia.

Di samping itu, Yasonna mengingatkan Jhoni Ginting agar menjalankan penegakan hukum keimigrasian dengan baik dan benar serta menutup celah untuk melakukan pungli,"

Dalam penegakan hukum, Menkumham memerintahkan Dirjen Imigrasi baru agar menjalankan penegakan hukum keimigrasian dengan baik dan benar serta menutup setiap celah untuk melakukan pungli. "Saya tidak akan menolerir siapa pun yang menyalahgunakan kewenangan untuk kepentingan pribadi," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya