Ribuan Napi di Cibinong Bakal Bebas, Ditjen PAS: Kabar itu Hoaks

Ilustrasi napi tengah membaca Alquran saat bulan Ramadan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

VIVA – Sebuah video yang menampilkan sebuah peta lokasi Lembaga Pemasyarakatan Pondok Rajeg, Cobinong, Jawa Barat beberapa hari ini beredar dan viral di media sosial.

Amanda Manopo Murka! Gosip Hoaks Tersebar Luas, Keluarga Sampai Tahu

Dalam video tersebut dibumbui sebuah narasi yang minta masyarakat tetap waspada. Sebab, masih dalam narasi video itu, bahwa narapidana yang berada di Lapas Paledang dan Pondok Rajeg, Cibinong akan segera dibebaskan.

Tak tanggung-tanggung, dalam narasi disebut yang akan dibebaskan sebanyak 2.800 orang. Dikonfirmasi mengenai hal tersebut, Kabag Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen Pas) Rika Apriyanti mengatakan kabar tersebut tidak benar alias hoaks.

442 Narapidana Lapas Sumbawa Besar Terima Remisi Khusus Hari Raya Idul Fitri 2024

Rika meminta masyarakat tidak cepat termakan isu-isu berkembang yang kebenarannya tidak dapat dipertanggungjawabkan.

"Tidak benar kabar tersebut. Hoaks. Mohon disampaikan kepada masyarakat," kata Rika saat dikonfirmasi, Rabu, 6 Mei 2020.

Berikut narasi yang ada dalam sebuah video yang viral berdurasi 30 detik tersebut:

"Mulai tanggal enam dan tujuh, napi yang ada di Lapas Paledang, Pondok Rajeg, 2.800 akan dikeluarkan belum pada waktunya,"

"Hati-hati sekarang yang di Pasar dan di rumah, barang-barang seperti motor atau benda berharga lainnya jangan ditaruh di depan rumah, tambah rawan,"

"Sekarang kebutuhan yang lagi keluar banyak yang berbuat lagi kriminal. Sampaikan ke group atau teman-teman yang lainnya,".

1.048 Warga Binaan Lapas Tebingtinggi Peroleh Remisi Idul Fitri, 4 Langsung Bebas

Baca: Respons Kebijakan Menhub, Gugus Tugas COVID-19: Mudik Dilarang, Titik!

Ilustrasi video mesum

Geger Video Mesum Napi Narkoba dengan Wanita di Ruangan Lapas, Lagi Diusut Kemenkumham

Sebuah video diduga warga binaan atau narapidana di sebuah lembaga pemasyarakatan (lapas) merekam adegan mesum bersama seorang perempuan di sebuah ruangan lapas. 

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024