Belasan Remaja dari Pulau Kodingareng Makassar Positif Corona

TIm medis jemput remaja positif Corona di Pulau Kodingareng, Kota Makassar
Sumber :
  • VIVA/Irfan

VIVA – Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb, berhasil melakukan pendekatan persuasif dengan mengajak sejumlah anak warga di Pulau Kodingareng, Kecamatan Sangkarrang, yang dinyatakan positif Virus COVID-19 agar mengikuti program Wisata COVID-19, di Hotel Swiss Bell Makassar, pada Rabu, 6 Mei 2020.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Dia menjelaskan, para pasien ini merupakan remaja yang habis pulang pendidikan di Jawa dan baru usai melakukan perjalanan jauh.

"Hasil pemeriksaan dinyatakan positif. Insya Allah, di sini akan dilakukan pemulihan melalui pengobatan dan pemenuhan gizi yang di butuhkan. Ini jauh lebih baik dibandingkan jika tinggal bersama bapak ibu di rumah. Mereka ini masih muda, imunnya masih kuat. Insya Allah, imun mereka bisa melawan virus. Beda dengan kita yang sudah tua, mungkin sudah ada yang mengidap  penyakit tertentu, itu sangat berisiko," kata Iqbal saat berdialog dengan perwakilan keluarga pasien.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Dia menyampaikan bahwa jika sudah diperiksa ulang dan dianggap semua virus dalam tubuhnya sudah hilang baru boleh bergaul bersama keluarga.

Terdapat 19 pelajar yang kembali ke kampung halamannya di Pulau Kodingareng Keke, Kecamatan Sangkarrang, Kota Makassar, dinyatakan positif usai dilakukan pemeriksaan oleh pihak puskesmas setempat. Mereka adalah santri Pondok Pesantren Al Fatah, Temboro, Jawa Tengah.

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Makassar beberapa kali mendatangi pulau tersebut untuk dilakukan penjemputan terhadap santri yang positif, namun selalu gagal karena dihalang-halangi warga setempat.

Upaya ini baru berhasil setelah dilakukan pendekatan persuasif oleh tim Tugas COVID-19 Makassar. Sebanyak 11 santri dengan kesadaran sendiri akhirnya bersedia menyeberang pulau bersama tim untuk mengikuti program wisata COVID-19 yang dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Namun, saat di lobi hotel, sejumlah keluarga yang ikut menyeberang terlihat masih enggan untuk melepas anaknya tinggal di hotel tersebut hingga kemudian ditemui oleh Iqbal Suhaeb dan diberi penjelasan panjang lebar tentang program Wisata COVID-19.

“Saya juga minta yang masih ada di sana (Pulau Kodingareng) tolong di bawa’mi ke sini. Tempat ini sangat nyaman, dan ini bagus  untuk pemulihan. Apalagi program ini gratis karena pemerintah Provinsi Sulsel sudah membiayai semuanya," kata dia.

Baca: Kriteria Penumpang yang Bisa ke Luar Daerah saat Pandemi COVID-19

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya