Keputusan Polri: Susno Tidak Bermasalah

VIVAnews - Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Polri, Inspektur Jenderal Saleh Saaf mengaku ditunjuk Kapolri, Jenderal Bambang Hendarso Danuri untuk memimpin tim klarifikasi terhadap Susno.

Dari hasil klarifikasi itu, "sebetulnya Pak Susno tidak ada masalah yang membuat masalah itu media, yang membuat sedemikian rupa," kata Saleh di Markas Besar Kepolisian, Jalan Trunojoyo, Jakarta, Jumat 15 januari 2010.

Kesaksian Susno di muka persidangan dengan terdakwa Antasari Azhar, dianggap tak masalah. "Pak Susno memberikan keterangan wajar sebagai orang yang dipanggil," kata Saleh.

Dijelaskan Saleh, jika tim klarifikasi menyatakan Susno tidak ada masalah, maka tidak ada alasan bagi tim pertama, yang terdiri dari Irwasum, Kadiv Propam, dan Direktorat Hukum Polri untuk melanjutkan pekerjaannya.

"Pemeriksaan terhadap sesorang harus ada bukti awal. Kalau tidak ada bukti awal tidak perlu diteruskan," kata saleh.

Jadi, damai, Pak? "Hingga saat ini tidak ada istilah Pak Susno berseberangan dengan Kapolri. Sejak awal tidak ada masalah," lanjut dia.

Ditanya soal beda pendapat dengan tim pertama, Saleh mengatakan mungkin pendapat itu diungkapkan sebelum tim klarifikasi selesai bekerja.

"Kalau sekarang tim klarifikasi sudah tidak ada masalah, ya setidak-tidaknya [tim] Propam akan berhenti," tambah Saleh.

Sebelumnya, Kepala Divisi Profesi dan Keamanan (Propam), Inspektur Jenderal Oegroseno menyatakan penyelesaian kasus dugaan pelanggaran disiplin dan kode etik yang dilakukan Susno Duadjitetap dilakukan melalui sidang internal. Tidak ada kata damai.

"Tidak ada istilah itu [islah], kalau sudah masuk [proses pemeriksaan]," kata Oegroseno saat dihubungi wartawan di Jakarta, Kamis 14 Januari 2010.

Oegroseno mengatakan, tidak ada jalan penyelesaian lainnya. Penyelesaian tetap seperti rencana semula, yaitu melalui sidang. "Model lain tuh apa? Nggak, nggak. Kita masih tetap ke rencana semula," kata dia.


Kehadiran Susno dalam sidang Antasari Azhar disoal Polri. Selain datang tanpa izin, keterangan Susno juga dianggap bertentangan dengan Polri.

Mazda Hadirkan 2 Mobil Keren di Auto China 2024
 Pelatih Arema FC, Widodo Cahyono Putro dan pemain Arema FC Syaeful Anwar.

Arema FC Bakal Rotasi Pemain Saat Lawan PSM Makassar

Arema FC akan menjalani salah satu laga penentu nasib mereka musim depan di Liga 1. Laga melawan PSM Makassar di pekan ke 33

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024