Prakiraan Cuaca Hari Ini, Waspada Hujan Lebat Hingga Gelombang Tinggi

prakiraan cuaca di Indonesia. (Ilustrasi)
Sumber :
  • BMKG

VIVA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini untuk  sejumlah wilayah di Indonesia pada Sabtu, 9 Mei 2020. Beberapa wilayah akan terjadi hujan lebat dengan disertai oleh kilat dan petir.

Bangunan Sekolah di Kolaka Roboh Ditimpa Tanah Longsor, 2 Ruang Kelas Porak-Poranda

Peringatan dini yang disampaikan BMKG pada situs bmkg.go.id. Memperlihatkan jika beberapa wilayah di Indonesia akan mengalami gelombang tinggi bahkan bisa mencapai 4 meter.

Meski begitu beberapa wilayah tetap diperkirakan akan cerah seperti DKI Jakarta, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sumatera Utara, Gorontalo, Kalimantan Selatan, dan Maluku. Wilayah yang mendapat peringatan dini dari BMKG adalah wilayah berikut:

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Aceh

Waspada potensi terjadinya hujan lebat dapat disertai kilat atau petir di wilayah Banda Aceh, Aceh Besar, Sabang, Pidie, Pidie Jaya, Bireun, Aceh Utara, Langsa, Bener Meriah, Aceh Tenggara, Gayo Lues, Aceh Tengah, dan Aceh Tamiang.

Setelah Dubai, Hujan Ekstrem Diprakirakan Akan Landa Arab Saudi

Banten

Waspadai potensi hujan lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang di Kab. Lebak dan Kab. Pandeglang bagian Utara waspadai potensi gelombang tinggi di Perairan Selat Sunda bagian Selatan, Perairan Selatan Banten dan Samudera Hindia Selatan Banten.

Bali

Perlu diwaspadai potensi gelombang tinggi mencapai 2.0 meter atau lebih, terutama di sekitar Selat Bali bagian selatan, Selat Badung, Selat Lombok bagian selatan dan Samudera Hindia selatan Bali.

Bengkulu

Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang di wilayah kab. Mukomuko, Bengkulu Utara, Lebong, Rejang Lebong, Kepahiang, Bengkulu Tengah, Kota Bengkulu, Seluma, Bengkulu Selatan dan kaur. Waspada Gelombang Laut Tinggi mencapai 3.0 M di Perairan Bengkulu dan sampai 3.5 M di Perairan Enggano hingga Samudera Hindia Barat Bengkulu.

Jawa Barat

Waspada terjadinya hujan sedang hingga lebat  yang dapat disertai angin kencang, kilat/petir di wilayah Depok, Bogor, Bekasi, Karawang, Indramayu, Purwakarta, Subang, Cirebon, Kuningan, Bandung Barat, Tasikmalaya, Garut, Ciamis, Banjar, Sukabumi dan Cianjur pada waktu Siang atau Sore hingga malam hari.

Kalimantan Barat

Waspada potensi hujan yang disertai petir/kilat dan angin kencang berdurasi singkat. Wilayah yang berpotensi terjadi hujan intensitas sedang hingga lebat yaitu di sebagian wilayah Kab./Kota : Kapuas Hulu, Melawi, Sekadau, Ketapang, Kayong Utara, dan Sintang.

Kalimantan Timur

Waspada potensi hujan lebat dan dapat disertai petir di wilayah Long Bangun pada pagi hari, di wilayah Sendawar, Laham, Penajam, Balikpapan, Bongan, Damai, Melak, Muara Pahu, Muara Muntai, Batu Sopang, Tanah Grogot, Muara Wahau, Tabang pada siang-sore hari.

Lampung

Waspada potensi hujan lebat disertai kilat petir dan angin kencang di wilayah Lamtim, Metro, Lamsel, Balam, Lamteng, Pesawaran, Pringsewu, Tanggamus, Pesibar, Lambar, Way Kanan, Lampura pada sore dan malam hari.

Nusa Tenggara Barat

Waspadai potensi hujan sedang hingga lebat di sertai kilat atau petir dan angin kencang di sebagian wilayah di sebagian wilayah Mataram, Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Timur  bagian Utara dan Sumbawa Barat. pada siang hingga sore hari serta Waspadai tinggi gelombang yang mencapai lebih dari 2 meter di Selat Lombok bag. utara, Selat Lombok bagian selatan, Selat Alas bagian selatan, Samudera Hindia selatan NTB, dan Selat Sape bagian selatan.   

Nusa Tenggara Timur

Waspadai potensi angin kencang dan gelombang tinggi di wilayah Perairan NTT Waspadai potensi angin kencang sesaat di wilayah P. Timor, P. Rote,P. Sabu dan P. Sumba. Waspadai potensi angin kencang sesaat dan petir pada saat terjadi hujan lokal.

Papua

Berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Nabire, Agats, dan Timika.

Papua Barat

Waspada potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir berpeluang terjadi di Tanah Rubuh, Anggi, Manokwari, Kasi, Sausapor, Prafi dan Catubouw.

Sulawesi Selatan

Waspada potensi hujan lebat di sertai kilat/petir. Moderate Sea (Gel. 1.25-2.5 m) terjadi di Selat Makassar bagian selatan, Perairan Spermonde Makassar bagian barat, Perairan Spermonde Makassar, Perairan barat Kep. Selayar, Perairan Sabalana, Teluk Bone bagian utara, Teluk Bone bagian selatan, Perairan timur Kep. Selayar, Laut Flores bagian utara, Laut Flores bagian barat, Perairan P. Bonerate - Kalaotoa bagian utara, Perairan P. Bonerate - Kalaotoa bagian selatan.                 Rough Sea (Gel. 2.5-4.0 m) terjadi di Laut Flores bagian timur.

Sulawesi Tengah

Berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir/kilat dan angin kencang pada Pagi dan Malam hari di wilayah Kab/Kota : Palu, Donggala, Sigi, Parimo, Poso, Touna, Buol, Tolitoli, Morowali, Morowali Utara, Banggai, Banggai Laut dan Banggai Kepulauan.

Sulawesi Tenggara

Berpotensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai guntur dan angin kencang pada siang hingga sore hari di wilayah Kolaka Utara.

Bangka Belitung

Waspada potensi hujan lebat disertai petir atau kilat dan angin kencang pada pagi, siang dan sore hari di wilayah Kab. Bangka Selatan, Belitung, dan Belitung Timur

Yogyakarta

Waspada potensi gelombang tinggi di Perairan Selatan Yogyakarta.

Jambi

Waspada potensi terjadinya hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah Kab. Merangin, Kab. Sarolangun, Kab. Bungo, Kab. Kerinci dan Kota Sungai Penuh.

Jawa Tengah

Potensi hujan lebat disertai petir dan diikuti angin kencang di sebagian besar wilayah Jawa Tengah pada sore-malam hari. Waspada gelombang tinggi di perairan selatan Jawa Tengah.

Jawa Timur

Waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada: Pagi hari di wilayah Kab. Mojokerto, Gresik, Lamongan, Trenggalek, Kab. Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi dan Bangkalan. Siang-Sore hari di wilayah Trenggalek, Kab. Blitar, Kab. Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Situbondo dan Sampang. Malam hari di wilayah Trenggalek, Kab. Probolinggo dan Lumajang.

Kalimantan Tengah

Waspada potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang di wilayah Kab. Kotawaringin Barat, Sukamara, Lamandau, Seruyan, Gunung Mas, Seruyan, Barito Utara dan Murung Raya. Waspada potensi tinggi gelombang berkisar antara 1.0 - 2.0 meter di wilayah Perairan Selatan Kalimantan Tengah. Dihimbau kepada masyarakat pesisir agar berhati-hati ketika beraktivitas dilaut.

Kalimantan Utara

Waspada potensi hujan sedang hingga lebat pada malam-dini hari diwilayah Lumbis, Malinau Selatan Hilir dan Hulu, Sesayap, Tulin Onsoi, Malinau, Tana Tidung, Bahau Hulu, Krayan, Krayan Selatan, Sei Menggaris, Tana Lia, Nunukan, Bunyu.

Riau

Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada sore hingga malam hari terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Bengkalis, Siak, Kampar, Pelalawan, Kuantan Singingi, Rokan Hulu,Meranti, Indragiri Hilir, Kota Pekanbaru dan Dumai.

Kepulauan Riau

Waspada terhadap potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir di wilayah Batam, Tanjungpinang atau Bintan dan Tanjung Balai Karimun.

Maluku Utara

potensi hujan lebat di sertai petir dan angin kencang di wilayah Bacan Barat - Utara,Pulau Obi,Taliabu Timur Dan Taliabu Utara pada sore dan malam hari.

Sumatera Barat

Waspada potensi hujan intensitas sedang-lebat dapat disertai petir atau kilat pada siang-sore hari di wilayah Pasaman Barat, Kab. Agam, Padang Pariaman, Pesisir Selatan, Kep. Mentawai dan sekitarnya.

Sumatera Selatan

Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang dengan durasi singkat pada siang hingga malam hari di wilayah Musi Banyuasin, OKI, OKU Timur, Banyuasin, OKU Selatan, Empat Lawang, PALI, Muaraenim, Pagaralam, Palembang dan Musirawas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya