Anies Sebut Pandemi COVID-19 Musibah Satu Abad Sekali

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut bahwa pandemi atau wabah yang cakupannya global, adalah musibah yang hitungannya terjadi dalam rentang abad.

Ogah Usung Anies di Pilgub Jakarta, Gerindra: Kita Punya Jagoan Lebih Muda dan Fresh

Menurut Anies yang juga mantan Mendikbud ini, tidak semua generasi, mendapat tanggung jawab besar dari Tuhan untuk bisa menuntaskan suatu pandemi.

"Pandemi itu tidak terjadi setiap waktu. Pandemi itu hitungannya abad," ujar Anies saat menerima bantuan Alat Pelindung Diri (APD), dikutip dari YouTube Pemprov DKI pada Kamis, 14 Mei 2020.

Anies Baswedan Direstui Maju Pilkada Jakarta, Cak Imin: PKB Belum Membahas

Anies menyampaikan, pandemi besar terakhir yang dihadapi umat manusia adalah flu Spanyol pada 1919 - 2020. Pandemi yang disebabkan virus H1N1 itu hingga menginfeksi 500 juta jiwa, atau sepertiga umat manusia saat itu, dan menewaskan hingga 50 juta jiwa.

"Pandemi terakhir itu terjadi satu abad yang lalu," ucap Anies

Megawati Ajukan Diri Jadi Amicus Curiae, Anies Bilang "Situasinya Memang Amat Serius"

Anies juga mengemukakan, jika melihat semangat saling membantu yang terus tumbuh di masyarakat, ia, meyakini bahwa pandemi Covid-19 saat ini, bisa cepat dilalui juga. Anies berharap semangat saling membantu, termasuk penyaluran bantuan ke pemerintah, bisa terus dilakukan sehingga bantuan bisa segera didistribusikan ke tenaga medis atau masyarakat.

"Kita semua ini termasuk generasi yang mendapatkan kesempatan untuk menuntaskan tugas kemanusiaan, menghadapi pandemi demi generasi yang akan datang," kata dia.

Baca: Naikkan Iuran BPJS Kesehatan, Jokowi Sengaja Menyengsarakan Rakyat

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya