Selain Corona, Waspadai Gelombang Tinggi dan Angin Kencang Hari Ini

Gelombang Tinggi Pantai Utara Pekalongan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra

VIVA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan prakiraan cuaca pada Jumat, 14 Mei 2020. Beberapa wilayah diperkirakan akan cerah. Namun harus diwaspadai adanya status moderate sea atau kondisi air yang terlihat tenang, tapi menimbulkan ombak yang bebuih yang akan berbahaya untuk kapal kecil. 

Cuaca Ekstrem Diprediksi Terjadi Selama Mudik Lebaran 2024, BMKG Minta Warga Waspada

Untuk wilayah DKI Jakarta mulai dari Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, hingga Kepulauan Seribu diperkirakan akan cerah pada pagi hari. Namun, untuk wilayah Jakarta Barat harus diwaspadai akan hujan ringan pada siang harinya. 

Wilayah lain yang juga diperkirakan akan cerah adalah Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Kalimantan Utara, Maluku Utara, Papua Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara. 

Sembilan Daerah Siaga dan Waspada Cuaca Ekstrem, Menurut BMKG

Peringatan dini juga disampaikan BMKG pada beberapa wilayah di Indonesia yang diperkirakan akan terjadi gelombang tinggi dan angin kencang. Berikut wilayah di Indonesia yang mendapat peringatan dini dari BMKG:

Aceh

Gerhana Bulan Penumbra Siap Menyapa Malam Ini, Catat Jam dan Lokasinya

Waspada Potensi Terjadinya Hujan Lebat dapat disertai kilat atau petir di wilayah Aceh Tamiang, Aceh Besar, Bener Meriah, Aceh Tengah, Aceh Tenggara, dan Bireun. 

Bali

Waspada potensi angin kencang yang dapat mencapai 45 km per jam dan tinggi gelombang laut yang dapat mencapai 2.0 m terutama di sekitar Laut Bali, Selat bali bagian selatan, Selat Lombok bagian selatan, Selat Badung, dan Samudera Hindia sebelah selatan Bali.

Bangka Belitung

Waspada potensi hujan sedang disertai petir pada siang hari di wilayah Kab. Bangka Barat dan Bangka.

Banten

Waspada potensi angin kencang di wilayah Kab. Serang bagian Utara dan Barat, Kab. Tangerang bagian Utara dan Tengah, Kota Tangsel, Kab. Pandeglang bagian Selatan, Kab. Lebak bagian Utara. Waspada potensi gelombang tinggi di Selat Sunda bagian Selatan.

Bengkulu

Waspada hujan lebat disertai guntur dan angin kencang sesaat di wilayah Kab. Mukomuko, Bengkulu Utara, dan Lebong. Waspada gelombang tinggi hingga mencapai 3.5 M di Perairan Bengkulu dan mencapai 4.0 M di Perairan Enggano - Samudera Hindia Barat Bengkulu.

Yogyakarta

Waspada potensi peningkatan tinggi gelombang laut di pesisir selatan DIY 3.5 - 4.0 meter. 

Jawa Tengah

Waspada gelombang tinggi di perairan selatan utara Jawa Tengah.

Jawa Timur

Waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada malam hari di wilayah Lumajang. 

Kalimantan Barat

Waspada potensi hujan yang disertai petir atau kilat dan angin kencang berdurasi singkat. Wilayah yang berpotensi terjadi hujan intensitas sedang hingga lebat yaitu di sebagian wilayah Kabupaten atau Kota Sanggau, Landak, Mempawah, Sanggau, Pontianak, Kayong Utara, Kubu Raya, Singkawang, Sintang, Ketapang, dan Sambas.

Kalimantan Selatan

Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat diserati petir atau kilat dan angin kencang pada siang dan sore hari di wilayah Kab. Banjar, Tanah Bumbu, dan sekitarnya. 

Kalimantan Tengah

Waspada potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang di wilayah Kab. Kotawaringin Barat, Sukamara, Lamandau, Seruyan, Kotawaringin Timur, Katingan, Gunung Mas, Murung Raya, Pulang Pisau, Kapuas, dan Kota Palangka Raya. Waspada adanya pertumbuhan awan konvektif (awan Cumulonimbus) yang dapat berpotensi hujan sedang hingga lebat, dan menimbulkan angin kencang, serta menambah tinggi gelombang di wilayah Pesisir dan Perairan Selatan Kalimantan Tengah. Waspada potensi tinggi gelombang berkisar antara 1.0 - 2.50 meter di wilayah Perairan Selatan Kalimantan Tengah. Dihimbau kepada masyarakat pesisir agar berhati-hati ketika beraktivitas di laut.

Kalimantan Timur

Waspada potensi hujan dengan intesitas sedang hingga lebat disertai petir pada pagi hari di wilayah Laham dan pada malam hari di wilayah Kelay.

Kepulauan Riau

Waspada terhadap potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat disertai petir di wilayah Batam, Tanjung Pinang, Bintan, dan Lingga atau Dabo Singkep.

Lampung

Waspada potensi hujan lebat disertai kilat atau petir di Lambar, Pesibar, dan Way Kanan pada sore dan malam hari.

Maluku

Waspada potensi hujan sedang - lebat di wilayah Maluku Barat Daya.

Nusa Tenggara Barat

Waspadai potensi hujan sedang yang disertai petir atau kilat dan angin kencang di sebagian wilayah Lombok Utara pada siang hingga sore hari serta Waspadai tinggi gelombang yang mencapai hingga 2 m di Selat Lombok bag. utara dan selatan, Selat Alas bag. selatan, Samudera Hindia selatan NTB, dan Selat Sape bag. selatan.

Nusa Tenggara Timur

Waspadai potensi angin kencang dan gelombang tinggi di Wilayah Perairan NTT Waspadi Potensi Angin kencang di Wilayah P. Timor, P. Rote, P. Sabu dan P. Sumba. Waspadai Potensi angin kencang sesaat dan petir saat terjadi hujan lokal.

Papua

Berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Nabire, Wamena, dan Bolakme.

Riau

Waspada potensi hujan dengan intensitas lebat disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Dumai, Bengkalis, Kampar, dan Siak. 

Sulawesi Selatan

Moderate Sea 1.25-2.5 m terjadi di Selat Makassar bagian selatan, Perairan Pare-Pare, Teluk Bone bagian selatan, Perairan timur Kep. Selayar, Laut Flores bagian utara, Laut Flores bagian barat, Perairan P. Bonerate - Kalaotoa bagian utara, Perairan P. Bonerate - Kalaotoa bagian selatan, Laut Flores bagian timur.

Sulawesi Tenggara

Berpotensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai guntur dan angin kencang pada pagi hari di wilayah konawe kepulauan, pada siang hingga sore hari di wilayah Muna Barat, Kendari, Konawe Selatan, Konawe, Konawe Utara, Bombana.

Sumatera Selatan

Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang dengan durasi singkat pada siang hingga malam hari di wilayah Banyuasin, Musi Banyuasin, OKU Selatan, Musirawas, OKI dan OKU Timur.

Baca: Anies Sebut Pandemi COVID-19 Musibah Satu Abad Sekali

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya