Penjelasan BMKG Soal Suara Dentuman Misterius di Bandung

Petugas BMKG melakukan pemantauan cuaca di Tanah Air.
Sumber :
  • Ifan Gusti/VIVA.co.id

VIVA – Badan Meteorologi, Geofisika dan Klimatologi (BMKG) masih menganalisis suara dentuman yang dilaporkan terdengar di daerah Bandung, Jawa Barat pada Kamis, 21 Mei 2020.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung, Tony Agus Wijaya mengatakan, hasil analisa dari faktor gempa, cuaca dan petir bahwa hari ini di sekitar Bandung tidak ada kejadian gempa dari pukul 00.00 sampai 10.00 WIB.

“Tidak ada kejadian petir di Bandung Raya antara jam 08.30 WIB sampai jam 10.00 WIB. Kemudian, cuaca di Bandung Raya kondisi cerah dan berawan, tidak terjadi hujan,” kata Tony melalui keterangannya yang diterima VIVA pada Kamis, 21 Mei 2020.

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

Menurut dia, dari rekaman seismograf di sekitar Bandung tidak ada kejadian gempa. Oleh karena itu, pihaknya masih perlu menganalisa penyebab sumber suara dari faktor selain gempa, cuaca dan petir.

Sebelumnya, banyak warga Bandung melaporkan mendengar suara dentuman misterius di lini massa Twitter, pada Kamis pagi 21 Mei 2020. Seorang warga Cimahi, bernama Leony Christina, mengungkapkan mendengar suara dentuman sebanyak 8 kali. 

BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter

"Kebangun gara-gara dengar suara dentuman 8 kali di kota Cimahi. Keras banget suaranya. Hanya selang 1 menit. Neutral face seperti suara petasan yang besar banget tapi jauh suaranya. akhirnya officially ya.. saya denger langsung sendiri. Nggak penasaran lagi," kata pemilik aku @LeonyChristina.

ahkan ada netizen yang mengaku mendengar suara dentuman hingga 9 kali.

"Dari Soreang jelas sekali terdengar 9 kali dentuman," tulis pemilik akun Twitter @Yan_starr.

Baca selengkapnya: Warganet Laporkan Suara Dentuman Misterius di Bandung

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya