Waspada Cuaca Buruk di Beberapa Daerah Ini Jumat 22 Mei 2020

Petugas BMKG melakukan pemantauan cuaca.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan prakiraan cuaca pada  Jumat, 22 Mei 2020. Disebutkan bahwa perlu diwaspadai sejumlah daerah akan diterjang hujan deras dan gelombang tinggi. Meski begitu masih ada wilayah yang diperkirakan akan cerah seperti Kalimantan Selatan, Maluku, Riau, Sulawesi Tengah, dan Sumatera Barat. 

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

Untuk wilayah DKI Jakarta sendiri mendapatkan peringatan dini dari BMKG warga Jakarta harus waspada potensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang di wilayah Jakarta Timur pada sore hingga malam hari. 

Peringatan dini juga disampaikan BMKG pada beberapa wilayah di Indonesia yang diperkirakan akan terjadi gelombang tinggi dan angin kencang sebagaimana dikutip dari laman web resmi BMKG.

BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter

Berikut wilayah di Indonesia yang mendapat peringatan dini dari BMKG:

Aceh

BMKG 'Tak Berkedip Mata' Pantau Potensi Tsunami Imbas Erupsi Gunung Ruang

Waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang dan petir untuk wilayah Langsa, Pulau Aceh, Simeulue, Tangse, Aceh Barat Daya, Bener Meriah, Nagan Raya, Aceh Tengah, Pidie Jaya, Aceh Tamiang, Aceh Tenggara, dan sekitarnya.

Bali

Waspadai potensi hujan lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang berdurasi singkat di sebagian besar wilayah Bali serta tinggi gelombang laut yang mencapai 2.0 meter atau lebih di Selat Bali bagian Selatan, Selat Badung, Perairan Selatan Bali dan Samudera Hindia Selatan Bali.

Bangka Belitung

Waspada potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada siang hari di wilayah Kab. Bangka Selatan dan Bangka. 

Banten

Waspada potensi gelombang tinggi di Selat Sunda Selatan banten, Perairan Selatan Banten, Samudra Hindia Selatan Banten. 

Bengkulu

Waspada gelombang dengan ketinggian maksimum 3.5 m - 6.0 m terjadi di wilayah perairan Enggano hingga Samudera Hindia Barat Bengkulu.

DI Yogyakarta

Waspada potensi gelombang tinggi di Perairan Selatan Yogyakarta. 

Gorontalo

Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat atau petir di wilayah Suwawa, Tibawa, Pinogu, Kwandang, Taluditi, Atinggola dan sekitarnya. 

Jambi

Waspada potensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang pada sore dan malam hari di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Muaro Jambi, Kota Jambi, dan Sekitarnya.

Jawa Barat

Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat di sertai kilat atau petir dan angin kencang di wilayah Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Purwakarta,  Sukabumi, Kota Sukabumi, Kota Cimahi, Bandung Barat, Bandung, Kota Bandung, Purwakarta, Subang, Indramayu,  Cianjur,  Garut, Kuningan, Cirebon, Kota Cirebon, Majalengka, Ciamis, Kota Banjar, Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Sumedang dan Pangandaran pada waktu siang atau sore hingga malam hari.

Jawa Tengah

Waspada gelombang tinggi di perairan selatan Jawa Tengah.

Jawa Timur

Waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada: Pagi hari di wilayah Kab. Mojokerto, Magetan, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo dan Situbondo. Siang-Sore hari di wilayah Kab. Mojokerto, Kab. Madiun, Kota Malang, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo dan Situbondo.

Kalimantan Barat

Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai guntur/petir dan angin kencang berdurasi singkat hampir merata di wilayah Kalimantan Barat.

Kalimantan Tengah

Waspada potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang di wilayah Kab. Kotawaringin Barat, Sukamara, Lamandau, Gunung Mas, Murung Raya, Barito Utara, Barito Timur, Barito Selatan, Pulang Pisau, Kapuas, dan Kota Palangka Raya.

Kalimantan Timur

Waspada potensi hujan lebat dan dapat disertai petir di wilayah Pulau Derawan, Tabalar, Damai, Muara Muntai, Laham,  Sangata, Batu Ampar,  Bangalon, Tabang, Muara Wahau, Karangan, Long Iram, Sendawar, Kelay, Melak, Muara Pahu, pada siang hari, di wilayah Tanjung Redep, Kaliorang, Maratua, Kongbeng pada malam hari.

Kalimantan Utara

Waspada potensi hujan sedang-lebat pada siang hari diwilayah Tanjung Palas Timur, Tanjung Selor, Tana Lia; pada malam dini hari di Lumbis, Malinau, Tana tidung, Nunukan, Sesayap, Bahau Hulu, Krayan, Krayan Selatan, Sekatak, Bunyu.

Kepulauan Riau

Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di seluruh wilayah Kep. Riau.

Lampung

Waspada potensi hujan lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang di wilayah Tuba, Tubabar, Mesuji, Lamtim, Lamteng, Lamsel, Balam, Way Kanan, Lampura, Lambar pada sore hari serta wilayah Lampura dan Lamteng pada malam hari.

Maluku Utara

Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang terjadi di wilayah Obi pada dini hari.

Nusa Tenggara Barat

Waspadai potensi hujan lebat yang disertai petir atau guntur dan angin kencang di sebagian wilayah Mataram, Lombok Utara, Lombok Timur, Lombok Barat, Lombok Tengah, Sumbawa Barat, dan Bima pada siang hingga malam hari serta Waspadai tinggi gelombang yang mencapai lebih dari  2 meter di Selat Lombok bag. Utara, Selat Lombok bag. Selatan, Selat Alas bag. Utara, Selat Alas bag. Selatan, Perairan Utara Sumbawa, Samudera Hindia Selatan NTB, Selat Sape bag. Utara dan Selat Sape bag. Selatan.

Nusa Tenggara Timur

Waspadai potensi angin kencang dan gelombang tinggi di wilayah Perairan NTT Waspadai potensi angin kencang sesaat di wilayah P. Timor, P. Rote,P. Sabu dan P. Sumba. Waspadai potensi angin kencang sesaat dan petir pada saat terjadi hujan lokal. 

Papua

Berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Tanah Merah.

Papua Barat

Waspada potensi hujan sedang hingga lebat di sertai petir di wilayah Ayamaru, Moskona, Aifat utara, Aimas, Teminabuan, Salawati Utara, Seget, Sorong, Fef, Makbon, Kasi, Kebar dan Sausapor.

Sulawesi Barat

Potensi hujan sedang-lebat dapat disertai oleh petir atau kilat. 

Sulawesi Selatan

Moderate Sea (Gel. 1.25-2.5 m) terjadi di Selat Makassar bagian selatan, Teluk Bone bagian selatan, dan Laut Flores bagian timur.

Sulawesi Tenggara

Berpotensi hujan sedang yang dapat disertai petir/guntur dan angin kencang di wilayah Buton Utara pada pagi hari; di wilayah Konawe Selatan, Muna Barat, Buton Utara, Buton, dan Buton Tengah pada siang hingga sore hari; di wilayah Konawe Utara pada dini hari.

Sulawesi Utara

Waspada potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir di wilayah Manado, Bitung, Tomohon, Minahasa, Minahasa Selatan, Kotamobagu, Bolmong, Bolmong Utara, Bolmong Timur, Bolmong Selatan, Kep. Sitaro, Kep. Sangihe, dan Kep.Talaud.

Sumatera Selatan

Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang sesaat pada siang hingga malam hari di wilayah Banyuasin dan OKI.

Sumatera Utara

Waspada hujan lebat untuk sebagian daerah pegunungan serta pesisir dan lereng timur sehingga berpotensi terjadi banjir. 

Baca juga: Sosok Habib Umar yang Cekcok Sengit dengan Satpol PP Kala PSBB

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya