Habib Umar Assegaf Bangil dengan Petugas PSBB Siap Berdamai

Kronologi Habib Umar Assegaf Bangil Melawan Petugas PSBB Surabaya
Sumber :
  • VIVAnews/Nur Faishal

VIVA – Adu mulut antara Habib Umar Assegaf Bangil dengan petugas PSBB sempat viral di media sosial. Namun, mengenai hal ini, pihak yang bertikai ini akan segera saling bermaafan.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Baca Juga: Sosok Habib Umar yang Cekcok Sengit dengan Satpol PP Kala PSBB

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Jawa Timur Komisaris Besar Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan bahwa pihaknya telah bicara dengan pihak Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan instansi petugas PSBB yang terlibat adu fisik di check point Exit Tol Satelit Surabaya, Jawa Timur, Rabu, 20 Mei 2020. Mereka, bersedia saling memaafkan.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

"Kepada Habib Umar Abdullah Assegaf, sudah kita lakukan komunikasi dan koordinasi dengan Kapolres Pasuruan Kabupaten. Kemudian juga dengan yang Satpol PP Kota, kita juga melakukan pendekatan melalui Polrestabes Surabaya. Maka dalam hal ini kita ambil bagaimana hikmahnya," kata Trunoyudo kepada wartawan di Markas Polda Jatim di Surabaya, Jumat, 22 Mei 2020. 

Baca Juga: Viral Video Putra Habib Bahar Bin Smith, Akan Berjuang untuk Ayah

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

Dari hasil koordinasi, keduabelah pihak sama-sama memaafkan. Bahkan keduanya berharap, maaf yang terjadi tanpa syarat.

"Sebenarnya keduabelah pihak sudah menyatakan untuk saling memaafkan, harapannya juga tanpa syarat. Artinya, semua yang terjadi ini tujuannya kan untuk menyelamatkan masyarakat dan juga keluarganya dan masyarakat yang lainnya (dari penularan virus corona)," ujar Trunoyudo. 

Tak hanya itu, Kepolisian ternyata mengamati, adanya pihak-pihak tertentu yang diduga sengaja membuat peristiwa pertikaian antara Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan petugas PSBB jadi heboh. Video tersebut disebar, dimanfaatkan untuk memperkeruh suasana. 

"Kita akan melakukan patroli siber, kita optimalkan melalui Direktorat Intelkam Polda Jawa Timur dan juga humas. Kita akan melihat konten-konten yang bersifat ujaran kebencian, SARA, kemudian berita bohong, (karena) ini sudah mulai banyak. Tentu ini menjadi bagian penyelidikan kita," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, sebuah video yang menggambarkan seorang pria bergamis dan berserban putih cekcok dan berkelahi dengan petugas PSBB di Check Point Exit Tol Surabaya, Jawa Timur, viral di media sosial. Belakangan diketahui, pria bergamis itu adalah Habib Abdullah Umar Assegaf Bangil, pemilik mobil Toyota Camry bernopol N1B yang dihentikan dan diminta putar balik oleh petugas karena diduga melanggar PSBB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya