Pesan Malam Takbiran Jokowi Menggetarkan: Tawakal Buahkan Berkah

Presiden Jokowi
Sumber :
  • Twitter @PPesantren

VIVA – Presiden Joko Widodo mengingatkan adanya peluang ibadah tambahan di tengah mewabahnya virus Corona COVID-19 saat hari raya Idul Fitri 2020. Itu berkaitan dengan ibadah zakat fitrah dan sedekah.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Hal itu  disampaikan Presiden Jokowi saat memberikan kata sambutan saat Takbir Virtual Nasional yang diselenggarakan Kementerian Agama di Masjid Istiqlal, Sabtu, 23 Mei 2020. Presiden yang akrab di sapa Jokowi itu menyampaikan dalam konferensi video.

"Hari raya di tengah pandemi ini menambah peluang untuk mendorong setiap Muslim melaksanakan ibadah lainnya untuk menyambut Idul Fitri, seperti melaksanakan zakat fitrah dan memperbanyak sedekah-sedekah," kata Jokowi.

Jokowi Sempat Malu karena Indonesia Belum Jadi Anggota Penuh FATF

Dalam kondisi pandemi, Presiden kembali mengingatkan memang tidak semua masyarakat bisa beraktivitas secara normal karena adanya pembatasan sosial demi mencegah penyebaran wabah. Akibatnya, tidak sedikit masyarakat yang terpaksa aktivitas ekonominya terhenti atau pun terganggu, sehingga penghasilannya tidak ada.

"Oleh karena itu, keadaan senang atau sedih, berlimpah atau kekurangan, sulit atau mudah, tinggi atau sederhana, jika Allah benar-benar menghendakinya dan kita bisa menerimanya dengan ikhlas dan dalam takwa, tawakal sesungguhnya hal tersebut akan buat berkah, membuahkan hikmah, rezeki dan juga hidayah," tegasnya.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Di sisi lain, Jokowi mengingatkan kepada umat Islam di seluruh Tanah Air untuk tetap konsisten melanjutkan setiap ibadah yang dilakukan pada Ramadhan di bulan-bulan berikutnya dengan baik. Sebab, menurutnya, seseorang dinyatakan lulus dari bulan suci itu jika menjadi lebih baik dan lebih bertakwa.

"Hari raya ini momen tepat untuk menjaga keutuhan bangsa dan mempererat tali persaudaraan dan ikatan persatuan kita sebagai anak bangsa. Semoga Allah senantiasa ridhai ikhtiar kita bersama mencegah COVID-19 dan beri kekuatan kita jadi pemenangnya," ungkap Jokowi.

Baca juga: Peningkatan Kasus Corona di Jatim Pesat, Pemprov Ambil Jurus
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya