Ribuan Warga Tetap Salat Idul Fitri Berjemaah di Banda Aceh

Ribuan jamaah salat idul fitri 1441 H di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.
Sumber :
  • VIVAnews/Dani Randi

VIVA – Ribuan jemaah melaksanakan salat Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, penuh hingga ke halaman masjid, pada Minggu, 24 Mei 2020. Bahkan, jemaah rela salat beralaskan rumput.

4 Potret Adem Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri setelah Mualaf

Pantauan di lokasi, jemaah mulai hadir mulai pukul 06:40 WIB. Di setiap sudut pintu masuk masjid dijaga aparat gabungan yang terdiri dari TNI dan Polri untuk memantau jemaah yang tidak pakai masker.

Masjid yang menampung sekitar 25 ribu jemaah itu juga menyediakan masker gratis bagi jemaah yang datang tidak membawa masker.

Alasan Untung Cahyono Ungkit Pemilu Curang di Khutbah Id: Jamaah Pulang Mungkin Kebelet Pipis

Aparat kepolisian bahkan menutup akses jalan menuju Masjid Raya Baiturrahman, yang digunakan untuk menampung kendaraan jemaah .

Pelaksanaan salat Idul Fitri juga tidak menerapkan pembatasan jarak satu meter. Terlihat jemaah salat berdekatan seperti biasa karena ramainya jemaah. 

Untung Cahyono, Penceramah Salat Id yang Materinya Singgung Politik hingga Bikin Jemaah Bubar

Namun, wastafel disediakan di semua pintu masuk masjid lengkap dengan sabun cuci tangan. Perlengkapan serupa juga ada di tempat wudu.

"Salat Idul fitri tetap dilaksanakan di masjid atau lapangan pada hari ini, tapi tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran wabah COVID-19,” kata Kepala Dinas Syariat Islam Aceh, Alidar dalam keterangannya.

Sementara khotbah salat Idul Fitri hanya berlangsung 10 menit. Setelah itu jemaah membubarkan diri. Ada juga sebagian warga memilih tetap berada di masjid, untuk berkumpul bersama rekannya  ber-swafoto dan silaturahmi.

Baca juga: Lebaran di Tengah Corona, Wapres: Negeri Bertakwa Allah Berikan Berkah

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya