Viral Uskup Katolik Ucapkan Selamat Lebaran Pakai Bahasa Arab

Uskup Mgr. Christophorus Tri Harsini
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Perayaan Idul Fitri 1441 H di Indonesia diisi dengan sikap toleransi antar umat beragama. Keuskupan Purwokerto di Jawa Tengah kemarin mengunggah sebuah video berdurasi hampir dua menit, yang berisi ucapan selamat Idul Fitri dari uskup Mgr. Christophorus Tri Harsini.

Dalam video tersebut, Uskup Christophorus tampak menggunakan pakaian keuskupan lengkap di dalam sebuah ruangan. Ia terdengar cukup fasih mengucapkan kalimat dalam Bahasa Arab, di bagian pembuka dan penutup video.

"Ya ayyuhal ihwal al muslimuna rahimakumullah, Taqabbalallahu minna waminkum, Ja alanallahu (wa iyyakum) minal aidzin wal faidzin. Shiyamana wa shiyamakum. Kullu ‘Aamin Wa Antum Bi Khair," kata Christophorus dalam video yang diunggah akun Instagram @komkep-pwkt.

Christophorus mengatakan ucapan tersebut mewakili umat Katolik keuskupan Purwokerto. Dia juga mendoakan agar hasil puasa, amal dan doa umat Muslim selama satu bulan penuh, diterima oleh Tuhan.

"Semoga hasil puasa, amal dan doa saudara-saudariku semua diterima Allah yang maha kuasa dan maha esa, dan dapat menghidupi persatuan yang damai, kemanusiaan yang beradab dan keadilan yang sejahtera bagi bumi pertiwi Indonesia tercinta ini," ujarnya.

Viral Tukang Bakso Ludahi Mangkok, Netizen Curiga Buat Penglaris
Viral Tukang Bakso Terekam CCTV Ludahi Mangkok Pembeli


RSI Surabaya Akui Salah di Kasus Jenazah Tertukar
Tak hanya itu, kemarin media sosial juga diramaikan oleh video tiga biarawati yang menyanyikan lagu Idul Fitri dengan harmonis dan merdu. Video tersebut menuai pujian dari warganet.

Dalam video berdurasi dua menit tersebut, ketiga biarawati itu terlihat duduk bersila di sebuah ruangan yang tampaknya berada di salah satu bangunan gereja. Ketiga biarawati itu juga nampak memakai seragam biarawati lengkap sambil menyanyikan lagu tersebut.

Baca juga: Masih Bandel Aja, Ada 2.717 Kendaraan Nekat Mudik di Hari Lebaran

Selain bernyanyi dengan harmonisasi yang merdu, ketiganya juga terlihat memperagakan koreografi sederhana dan terlihat sangat kompak. Belum diketahui darimana ketiga biarawati itu berasal.

"Persembahan dari teman-teman Katolik untuk hari Lebaran ini. Amat mengharukan. Terima kasih. Eid Mubarak, mohon maaf lahir batin, teman-teman," tulis akun Twitter @ulil.

Jumlah Kendaraan Keluar Jabodetabek Turun 70 Persen Selama Idul Fitri

Data kendaraan itu dari posko pemantauan selama masa mudik.

img_title
VIVA.co.id
1 Juli 2020