Siap-siap Mal di Jakarta Akan Dibuka 5 Juni 2020

Ilustrasi tenant di pusat perbelanjaan atau mal.
Sumber :
  • Real Estate Weekly

VIVA – Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar di DKI Jakarta membuat tempat-tempat umum yang dapat menimbulkan keramaian seperti mal harus ditutup. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun telah menyampaikan jika PSBB kembali diperpanjang hingga 4 Juni 2020 mendatang. 

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Untuk itu, Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Dewan Pengurus Daerah (DPD) DKI Jakarta, Ellen Hidayat menyampaikan jika PSBB akan berakhir pada 4 Juni maka mal-mal di Ibu Kota bisa operasional 5 Juni 2020. 

Mal yang diperkirakan akan buka kembali pada 5 Juni diantaranya Plaza Indonesia, FX Sudirman, ITC Cempaka Mas, Senayan City, Mal Mangga Dua, Mal Taman Anggrek, Lippo Mall Puri, Mal Taman Palem, Puri Indah Mall, Mal Ciputra Jakarta, Central Park Mall, Neo Soho Mall, Seasons City, AEON MALL Jakarta Garden City, dan masih banyak lagi. 

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Sebelumnya, Anies juga sempat mengungkapkan bahwa pertumbuhan penularan wabah virus corona atau COVID-19 di DKI Jakarta menurun signifikan, sejak penerapan PSBB. 

"Selama dua bulan lebih ini, Jakarta telah menunjukkan kemajuan yang sangat signifikan; ini adalah hasil kerja semua masyarakat di wilayah Jakarta dan Jabodetabek," katanya dalam konferensi pers di kantor BNPB, Jakarta, Senin, 25 Mei 2020.

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

Untuk itu dalam beberapa hari ini, sampai 4 Juni 2020, yang merupakan batas perpanjangan PSBB, adalah fase yang menentukan. Jika memang perkembangannya bagus, Ibu Kota siap untuk memasuki kondisi hidup normal yang baru atau disebut new normal.

"Karena bila di hari-hari ini penularan di Jakarta menurun, angka kasus baru menurun, kemudian yang biasa digunakan oleh ahli epidemiologi disebut dengan reproduction number, angkanya sekarang di Jakarta bisa 1, bisa turun di bawah 1, maka sesudah tanggal 4 kita bisa melakukan transisi menuju normal baru," katanya.

Untuk itu masyarakat Jakarta diharapkan dapat menahan diri dan menaati peraturan PSBB. Sebab jika masyarakat masih dianggap tidak disiplin dalam menerapkan protokol pencegahan COVID-19 dan tidak mematuhi PSBB, ada potensi PSBB diperpanjang lagi dan mal tidak dapat dibuka pada 5 Juni. Lihat videonya di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya