Pembawa Khotbah Salat Ied di Soppeng Sulsel Positif Corona

Sampel tes Virus Corona atau COVID-19
Sumber :
  • Time.com

VIVA – Seorang pembawa khotbah saat pelaksanaan salat Idul Fitri di Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan, pada Minggu, 24 Mei 2020 lalu, dinyatakan positif terpapar virus corona dengan kategori orang tanpa gejala (OTG).

"Yang bersangkutan sudah diisolasi di RSUD Latemmamala, Jalan Samudera (Kabupaten Soppeng)," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Suriasni, kepada VIVANews, Selasa, 26 Mei 2020.

Menurutnya, pasien COVID-19 itu dinyatakan positif corona setelah melalui pemeriksaan swab pada kegiatan penjaringan swab massal di 70 desa dan kelurahan yang diadakan belum lama ini.

Untuk diketahui, Soppeng merupakan satu-satunya kabupaten di Sulawesi Selatan yang memiliki alat swab, yang ditempatkan di dalam kendaraan khusus, dan berkeliling melakukan uji pemeriksaan kepada masyarakat.

Terkait pasien corona yang sempat membawakan khotbah Idul Fitri tersebut, apakah akan dilakukan pemeriksaan kepada jemaah salat Ied lainnya?

"Akan dilakukan penyelidikan epidemologi sesuai protapnya," tutur Suliasni.

Saat ini, Suliasni juga menyampaikan bahwa pihaknya tengah membahas rencana relaksasi atau pelonggaran pengetatan perbatasan dan sistem karantina yang sudah berjalan selama beberapa pekan terakhir.

Imbas dari peraturan itu, banyak warga perantau yang akan masuk ke Soppeng terpaksa disuruh putar balik, dan sebagian ada yang sedang menjalani karantina selama 14 hari di Hotel Delta Ompo, Soppeng.

"Kami tetap mengimbau kepada masyarakat agar tetap disiplin dan patuh dengan protokol kesehatan sebagai inti pemutusan rantai penularan COVID-19," kata Suriasni berpesan.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin

Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan metode penanggulangan dengue menggunakan nyamuk ber-Wolbachia mulai bergulir di lima kota besar di Pulau Jawa.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024