Fakta-fakta Menarik Habib Bahar bin Smith

Habib Bahar bin Smith
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Salah satu pendakwah kondang yang kini tengah menjadi perbincangan hangat di Indonesia, Habib Bahar bin Smith kembali masuk penjara. Habib Bahar bin Smith, kini mendekam di Lembaga Pemasyarakatan, Nusakambangan. 

Terima Tantangan Habib Bahar, Andy Rompas: Setelah Pemilu Kita Selesaikan Secara Adat

Setelah sebelumnya tiga hari menghirup udara bebas, Habib Bahar bin Smith kemudian dijemput kembali oleh pihak berwenang di pondok pesantrennya, Tajul Alawiyyin, Pabuaran, Bogor lantaran ujarannya yang kembali viral membuatnya harus masuk penjara lagi.

Terlepas dari kasus itu, Habib Bahar bin Smith nyatanya punya beberapa sisi lain. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut, fakta-fakta menarik tentang Habib Bahar bin Smith yang tak banyak diketahui. 

Ikuti Jejak Ustaz Solmed, Habib Bahar Ingin Buat Pabrik Rokok Kretek

Keturunan Rasul 

Habib Bahar bin Smith merupakan salah satu Habib yang mempunyai marga “Sumayth” atau umumnya dikenal dengan ‘Smith”. Marga ini terkenal karena jalur nasabnya yang sedikit dimiliki dari kalangan “Alawiyyin” (orang yang mempunyai pertalian darah dengan Rasulullah SAW).

4 ‘Musuh’ Berat Habib Bahar Selain Andy Rompas

Marga tersebut merupakan marga bangsa Arab yang berasal dari daerah Hadramaut, Yaman. Penamaannya di dasarkan atas tempat asal, sejarah, kebiasaan, sifat serta nama nenek moyangnya.

Baca Juga: Viral Video Putra Habib Bahar Bin Smith, Akan Berjuang untuk Ayah

Di Indonesia sendiri, sebelum Habib Bahar bin Smith namanya kondang, sudah ada Habib Zain bin Smith (1936) yang namanya besar menjadi ulama panutan di Indonesia. Beliau merupakan seorang ahli nahwu dan fiqh.

Murid yang Mirip

Habib Bahar yang merupakan seorang guru pondok pesantren sejatinya mempunyai banyak murid. Namun beberapa tahun belakangan, sempat viral ada seorang murid Habib Bahar bin Smith yang memiliki kemiripan, mulai dari perawakan dan tampilannya.

Murid tersebut bernama, Ustaz Gilang Al-Ghifary. Ustaz Gilang juga merupakan Pimpinan sebuah Majelis bernama Alif Nur Alam dan Kabid Dakwah LDF DPD FPI wilayah Banten.

Ustaz Gilang juga memiliki rambut panjang pirang khas Habib Bahar bin Smith, wajahnya bahkan suara lantangnya juga mirip sekali. 

Gelarnya “Sayyid”

Selain gelar “Habib” yang ada pada Bahar bin Smith, ternyata ada gelar lagi yang ditentukan oleh nasab. Habib Bahar bin Smith punya darah keturunan dari salah satu cucu mulia Rasulullah SAW, yaitu Husain bin Ali dan berhak menyandang gelar “Sayyid”.

Berbeda dengan gelar “Syarif” yang digunakan untuk para Habaib keturunan cucu mulia Rasulullah SAW lainnya yaitu, Hasan Bin Ali.

Laporan : Abdulah Saputra

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya