1800 Objek yang Dipantau Ketat TNI-Polri Selama New Normal

Presiden Jokowi melihat kesiapan new normal di Summarecon Mall Bekasi, Jawa Barat.
Sumber :
  • Dani/ Bekasi

VIVA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meninjau kesiapan untuk menerapkan new normal di tengah situasi wabah Corona COVID-19, mulai dari Stasiun MRT hingga mall di Bekasi, Jawa Barat.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menjelaskan rencana pendisiplinan protokol kesehatan akan dilaksanakan di 4 provinsi dan 25 kabupaten/kota. Objeknya adalah tempat-tempat lalu lintas masyarakat, mal-mal, pasar rakyat dan tempat pariwisata.

“Dari data yang ada di 4 provinsi dan 25 kabupaten/kota, ada 1.800 objek yang akan kita laksanakan pendisiplinan tersebut,” kata Hadi seperti dilansir tvOne pada Rabu, 27 Mei 2020.

Erick Beberkan Alasan Stasiun Kereta Cepat Karawang Belum Beroperasi 

Menurut dia, peningkatan pengawasan melibatkan personel gabungan TNI dan Polri sebagai strategi agar masyarakat lebih disiplin menekan penularan virus Corona.

"Contohnya mal yang kapasitasnya 1.000, mungkin akan kita izinkan untuk 500 saja dan kita awasi," kata dia lagi.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Selain itu, kata dia, hal serupa dilakukan juga di tempat-tempat umum lain seperti restoran hingga tempat wisata. TNI-Polri akan bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam penetapan aturan ini.

"Termasuk juga rumah makan, harusnya mungkin (diisi) 500 (orang), kita batasi 200 saja,” ujarnya.

Dia melanjutkan, pendisiplinan protokol kesehatan ini dilakukan agar masyarakat tetap memakai masker, masyarakat dalam kegiatan juga harus menjaga jarak aman. “Kita siapkan tempat mencuci tangan atau alat hand sanitizer,” jelas dia.

Sebelumnya Presiden Jokowi meninjau Stasiun MRT dalam rangka kesiapan penerapan prosedur new normal di sarana publik pada Selasa, 26 Mei 2020.

Jokowi mengatakan mulai hari ini akan dikerahkan pasukan TNI dan Polri pada sejumlah lokasi yang menjadi pusat keramaian, tujuannya lebih mendisiplinkan masyarakat agar mengikuti protokol kesehatan sesuai dengan PSBB.

"Akan digelar di empat provinsi, dan 25 kabupaten kota mulai hari ini. Sehingga kita harapkan, kedisiplinan yang kuat dari masyarakat, agar semakin terjaga dan kita harapkan nantinya kurva penyebaran COVID ini akan semakin menurun," kata Jokowi.

Baca juga: Dennis Rodman Endus Ada yang Tak Beres dengan Kim Jong-un Sahabatnya
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya