Jelang Persiapan New Normal, Foto Jokowi Tak Bermasker Viral

Viral foto Jokowi tak pakai masker
Sumber :
  • Twitter

VIVA – Foto Presiden Joko Widodo atau Jokowi tidak menggunakan masker menjadi sorotan. Beredarnya foto ini, membuat Sekjen MUI Ustaz Tengku Zulkarnain berkomentar. Dia mengunggah sebuah foto saat Presiden Joko Widodo sedang meninjau persiapan new normal di salah satu mal di daerah Bekasi, Jawa Barat. Dalam foto itu Tengku Zul menyoroti bagaimana penggunaan masker yang tidak tepat oleh Jokowi. 

Jokowi Adakan Buka Puasa Bersama Menteri di Istana

Jokowi diberikan tanda silang karena masker yang dipakainya tidak menutupi mulut dan hidung. Tengku Zul menyampaikan jika budaya bangsa mulai rusak sebab tidak ada yang berani menegur cara penggunaan masker Jokowi saat itu. 

Melihat hal itu, Tengku Zul juga sempat menyinggung bagaimana aparat keamanan yang cukup tegas saat Habib Umar Assegaf melanggar aturan PSBB. 

Jokowi Resmikan Huntap hingga Proyek Infrastruktur Pascabencana di Sulteng

"Budaya bangsa ini mulai RUSAK. Budaya ABS, Asal Bapak Senang. Sudah jelas Presiden @jokowi TIDAK DISIPLIN pakai masker, tapi Anggota Polisi Pakaian Dinas di belakangnya DIAM SAJA, tidak berani menegur atau mengingatkan. Sama Habib Umar Asegaf kemarin KOKOH sekali pakai ATURAN," tulis Tengku Zul pada akun twitter pribadinya, Kamis, 28 Mei 2020.

KPU Sebut Gugatan Ganjar-Mahfud yang Singgung Jokowi Salah Sasaran

Tidak hanya satu, Tengku Zul juga beberapa kali mengunggah foto yang sama. Pada tweet lainnya mempertanyakan sikap para pendukung Jokowi yang masih terus membela walaupun sikap yang ditunjukan dianggap salah. 

"Semua orang yg akalnya waras pasti tahu bahwa di foto ini pak @jokowi melanggar aturan PSBB  yg dibuatnya sendiri. Tapi kenapa mereka masih membela? Tdk terimakasih ketika diingatkan? Dan menganggap hal ini masalah sepele? Padahal pd diri Presiden tdk boleh ada pelanggaran aturan," tulisnya. 

Pada tweetnya yang terakhir, Tengku Zul mengingatkan mantan Gubernur DKI Jakarta itu agar memberikan contoh yang baik dengan menggunakan masker sesuai dengan fungsinya. 

"Kepada YTH. Bapak Presiden @jokowi Jika Orang di sekitar tdk mau peduli dan tdk mau mengingatkan anda bahwa memakai masker itu menutupi mulut dan hidung, bkn menutupi dagu atau kening, maka saya ingatkan bapak pakailah masker dgn benar, disiplin sesuai perintah bpk sendiri. Tks," tulisnya. 

Sebelumnya Jokowi meminta agar protokol kesehatan yang telah disusun oleh Kemenkes seperti cuci tangan, menggunakan masker dan jaga jarak, serta tidak melakukan kerumunan dalam jumlah yang banyak ini benar-benar dilaksanakan dengan baik. Jika ini konsisten, menurutnya, angka penularan virus corona atau COVID-19 bisa ditekan.

"Kalau ini sosialisasi ini betul-betul bisa kita lakukan secara masif, saya yakin kurva R0 dan Rt betul-betul bisa kita turunkan dan ini sudah kita lihat di beberapa provinsi bisa kita kerjakan," jelas Presiden Jokowi, dalam rapat kabinet terbatas, Rabu, 27 Mei 2020.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya