Muhammadiyah Sebut Rencana New Normal Pemerintah Tak Relevan

Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir
Sumber :
  • VIVA / Cahyo Edi (Yogyakarta)

VIVA – Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir turut menyoroti kebijakan new normal yang diwacanakan pemerintah. 

Dedie Rachim Kabarkan Idul Fitri Tingkat Kota Bogor Digelar Bersamaan 10 April

Menurut Haedar, rencana tersebut tidak relevan dilaksanakan sebab angka penularan COVID-19 di Tanah Air masih terbilang tinggi saat ini. Bahkan tekan Haedar, Laporan BNPB menyebutkan bahwa pandemi COVID-19 masih belum dapat diatasi. 

”Pemerintah justru akan melonggarkan aturan dan mulai mewacanakan new normal. Apakah semuanya sudah dikaji secara valid dan seksama dari para ahli epidemiologi?" kata Haedar dalam keterangannya, Kamis, 28 Mei 2020.

6 Perguruan Pencak Silat Indonesia Tersebar di Dunia, Ada Muhammadiyah

Menurut Haedar, wajar bila pernyataan pemerintah tentang new normal belakangan ini menimbulkan polemik dan kebingungan di kalangan masyarakat.

Sebab, di satu sisi pemerintah masih lakukan PSBB di sejumlah daerah. Tapi di sisi lainnya justru pemerintah mewacanakan pemberlakuan relaksasi.

Menteri Muhadjir: Idul Fitri Tahun Ini Hampir Bisa Dipastikan Jatuh pada 10 April

"Kesimpangsiuran ini sering menjadi sumber ketegangan aparat dengan rakyat. Bahkan, demi melaksanakan aturan kadang sebagian oknum aparat menggunakan cara-cara kekerasan," ucap Haedar.

Haedar menambahkan, atas sikap pemerintah ini, wajar publik menilai pemerintah lebih mementingkan sektor ekonomi ketimbang keselamatan masyarakat sendiri.

Haedar mengakui penyelamatan ekonomi memang penting. Tapi tidak kalah penting adalah keselamatan masyarakat ketika pandemi COVID-19 belum dapat dipastikan penurunannya.

Oleh karena itu, PP Muhammadiyah kata Haedar meminta pemerintah mengkaji dengan matang pemberlakuan new normal. Ia mendesak Pemerintah memberi penjelasan yang objektif dan transparan mengenai dasar kebijakan new normal, maksud dan tujuan new normal, hingga konsekuensi terhadap peraturan yang sudah berlaku khususnya di wilayah PSBB.

Haedar juga Pemerintah menyampaikan jaminan daerah yang sudah dinyatakan aman atau zona hijau yang diberlakukan new normal, serta persiapan yang dilakukan pemerintah untuk memastikan Covid-19 tidak semakin meluas nantinya atas kebijakan itu.

Diungkapkan Haedar, tanggung jawab atas segala konsekuensi dari kebijakan new normal seharusnya sepenuhnya ada pada pemerintah.

"Pemerintah dengan segala otoritas dan sumberdaya yang dimiliki tentu memiliki legalitas kuat untuk mengambil kebijakan yang menyangkut hajat hidup orang banyak," kata dia.

Baca juga: ?Rizal Ramli Minta Sekolah Baru Buka di Januari 2021

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya