Sebagian Wilayah Indonesia Bakal Diguyur Hujan Lebat Berangin Kencang

Ilustrasi hujan lebat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG kembali menginformasikan tentang prakiraan cuaca hari ini hingga peringatan dini. 

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Pada Jumat 29 Mei, lewat situs resminya diinformasikan peringatan dini untuk sejumlah wilayah di Indonesia. dimulai dari Bali, BMKG menginformasikan bahwa akan terjadi hujan lebat yang disertai kilat atau petir dan angin kencang di wilayah Bali bagian Barat, Utara, Tengah, Selatan serta potensi tinggi gelombang laut mencapai lebih dari 2 meter di perairan selatan Bali, selat Bali, selat Badung, Selat Lombok dan Samudera Hindia selatan Bali. 

Selain Bali, hujan lebat disertai kilat dan petir serta angin kencang juga diinforkan berpotensi terjadi di wilayah Banda Aceh, Aceh Jaya, Pidie Jaya, Lhokseumawe, Aceh Utara, Aceh Singkil, Nagan Raya, Aceh Selatan, Aceh tenggara, Aceh Barat Daya, Gayo Lues, dan Subulussalam. 

Setelah Dubai, Hujan Ekstrem Diprakirakan Akan Landa Arab Saudi

Baca Juga: Raffia Arshad Jadi Hakim Berjilbab Pertama di Inggris

Sementra untuk kawasan Banten diprediksi bepotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai dengan kilat dan angin kencang di wilayah Kabupaten Pandeglang bagian utara. "Waspada gelombang tinggi di Selat Sunda bagian Selatan, Perairan Selatan Banten dan Samudera Hindia Selatan Banten," tulis info BMKG.

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

Untuk Bengkulu, juga diprediksi bepotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang di wilayah Kabupaten Mukomuko, Bengkulu utara, Lebong, Rejang Lebong, Kepahiang, Bengkulu Tengah, Kota Bengkulu, Seluma, Bengkulu Selatan dan Kaur. Diperingatkan pula, warga untuk waspada akan gelombang tinggi mencapai 5.0 M di Peraiaran Bengkulu-Enggano hingga Samudera Hindia Barat Bengkulu.

Dan khusus untuk wilayah Jakarta, diprediksi akan terjadi hujan disertai kilat dan petir dengan durasi singkat di wilayah Jakarta Selatan, jakarta timur, Jakarta Barat dan Jakarta Pusat pada sore dan malam hari. 

Untuk Gorontalo, potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang juga diprediksi bakal terjadi pada siang atau sore hari di wilayah Tibawa dan sekitarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya